Pelatihan Anjing Pelacak Terselesaikan Dengan SempurnaTweet

Kopassus memiliki sejumlah pelatihan bersama dengan Angkatan Darat Australia, salah satu yang cukup baru adalah pelatihan Explosive Detection Dogs (EDD) yang merupakan pelatihan untuk anjing pelacak dan calon pawang anjing dengan tujuan melacak bermacam bahan ledakan.  Kunjungan fact finding EDD dengan sukses dilakukan pada tanggal 19 Juni sampai 1 Juli 2011 bertempat di Holsworthy, New South Wales, Australia.  Kegiatan tersebut merupakan respon terhadap fact finding pertama yang dituanrumahi oleh Kopassus dengan tiga peserta Australia pada bulan Maret yang lalu. Kunjungan dan pelatihan bersama yang diadakan oleh Incident Response Regiment (IRR) Australia, diikuti oleh empat partisipan dari tim Cakra K9, Detasemen 81 dan Kopassus. IRR merupakan kesatuan dibawah Komando Operasi Khusus Australia, yang antara lain bertugas untuk mengatasi ancaman kimia, biologi, nuklir, radiologi dan mengawasi ancaman bahan peledak pada lembaga dalam negeri dan pasukan Australia yang bertugas diluar negeri.
Diharapakan dari pelatihan tersebut dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan mengenai sistem pelatihan anjing pelacak dan calon pawang yang digunakan oleh Angkatan Darat Australia. Dan sebaliknya, diharapkan ada kesempatan untuk pawang anjing Angkatan Darat Australia mengunjungi kembali fasilitas tim Cakra di Cijantung untuk saling bertukar pengetahuan lebih mendalam, yang menjadi satu fitur tetap dari hubungan bilateral Special Operation Command (SOCOMD) Australia – Kopassus. Dalam pelatihan tersebut, keempat anggota pasukan khusus mendapatkan paparan mengenai teknik yang digunakan oleh Angkatan Darat Australia untuk melatih anjing pelacak dan calon pawang anjing, termasuk diantaranya cara melacak dalam gedung, jalanan umum dan pada kendaraan, juga pelatihan peternakan, pemeliharaan dan keperluan kandang anjing pelacak.
Selama di Australia, anggota juga melakukan kunjungan ke sekolah Military Working Dogs milik Angkatan Udara Australia di Ipswich, Queensland. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan studi banding untuk mempelajari sistem perekrutan, pelatihan dan penanganan anjing pelacak yang digunakan oleh kedua Angkatan Darat dan Angkatan Udara Australia. Setelah menyelesaikan pelatihan anjing pelacak, anggota mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Queensland dan Sydney termasuk mengunjungi Surfers Paradise di Gold Coast, Sydney Harbour, Sydney Opera House dan menyelusuri pantai Manly dengan kapal ferry. Walau cuaca sempat turun mencapai 3 derajat pada tengah malam, pelatihan bersama Angkatan Darat Indonesia dan Australia secara keseluruhan telah diselesaikan dengan suskes dan sempurna.  Saat ini staf Markas Kopassus dan Markas SOCOMD sedang membahas perencanaan untuk langkah-langkah berikutnya.