Latihan Bersama Kopassus dan SASR – Dawn Komodo 2011

Dawn Komodo 2011JAKARTA - Latihan bersama Dawn Komodo merupakan latihan bersama yang dilakukan setiap tahun antara Kopassus dan Pasukan Khusus Angkatan Darat Australia dari Special Air Services Regiment (SASR).

Dawn Komodo 2011

 

 

 

 

 

Latihan bersama Dawn Komodo 2011 diselenggarakan di Jakarta, melibatkan sejumlah personil dari Unit 81, Kopassus di Cijantung. Tema latihan bersama tahun ini adalah latihan berdasarkan ketrampilan maritime, dimana beberapa latihan dilakukan di Pulau Seribu, Jakarta Utara.

Latihan bersama secara resmi dibuka pada tanggal 6 September oleh mantan Danjenkopassus, MayorDawn Komodo 2011
Jenderal Lodewijk Freiderich Paulus sebelum digantikan oleh Danjenkopassus Mayor Jenderal Wisnu Bawatenaya yang secara resmi menutup latihan tersebut pada tanggal 16 September.

Sempat dilakukan kunjungan khusus pada puncak pelatihan yang diselenggarakan di Pulau Seribu oleh Major General Peter (Gus) Gilmore selaku Commander of the Australian Special Forces (SOCAUST) dan Lieutenant Colonel Jono Beasley selaku Commanding Officer SASR.  Para beliau turut hadir pada penutupan pelatihan yang diselenggarakan di Kopassus, Cijantung.

Dawn Komodo 2011Adanya latihan bersama Dawn Komodo ini didukung oleh suksesnya latihan Dawn Komodo yang diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya.  Dari pelatihan tersebut, personil Kopassus bersama SASR banyak mendapatkan pengalaman baru dalam segi militer, kultur maupun sosial.  Aktifitas ini jelas memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Selain dari pelatihan Dawn Komodo yang diselenggarakan tiap tahunnya di Indonesia, terdapat pula latihan tahunan angkatan darat Dawn Kookaburra yang diselenggarakan di Perth, Australia dimana melibatkan personil Kopassus melakukan latihan di lingkungan Australia dan mempelajari tentang Australia secara langsung.

Leave a Reply

*