Angkatan Laut Australia Indonesia Gelar Latihan Bersama New Horizon 2011 Tweet

 
01 New Horizon 2011
 

SURABAYAPara Komandan dan awak kapal perang Angkatan Laut Australia HMAS Warramunga dan HMAS Sirius disambut secara resmi di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada hari Minggu, 20 November 2011.

Kapal-kapal tersebut tiba di Surabaya dengan sekitar 250 awak kapal untuk suatu kunjungan empat hari (20-23 Nov) dan tiga hari latihan bersama di laut (24-26 Nov) guna mengadakan latihan Exercise New Horizon, latihan bilateral dua tahunan antara Angkatan Laut Australia dan Angkatan Laut RI.

Kedua kapal yang bergabung dengan kapal-kapal TNI AL KRI Frans Kaisiepo dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma untuk suatu latihan tiga-hari di laut sebelum kembali ke Australia. 

Perwira Komandan HMAS Warramunga, Komandan Michael Turner, berujar Angkatan Laut Australia memperoleh manfaat dari latihan bersama TNI AL dan telah sangat menantikan kunjungan mereka ke Surabaya.

 
02 New Horizon 2011
“Hubungan antara Angkatan Laut Australia dan TNI AL sangat kukuh, dan berdasarkan rasa hormat professional dan persahabatan. Kesempatan untuk memperoleh pengalaman kemajemukan budaya dan keramahtamahan rakyat Indonesia maupun menyaksikan keindahan alam Indonesia, menambah daya tarik kunjungan kami,” tutur Komandan Turner. Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia, Brig-Jend Gary Hogan, berujar kerja sama antara kedua angkatan laut dalam bidang keamanan maritime merupakan unsur kunci Perjanjian antara Indonesia dan Australia dalam Kerangka Kerja Sama Keamanan yang dikenal sebagai Perjanjian Lombok. Kunjungan kapal dan latihan secara teratur memperkukuh hubungan, dan memungkinkan kedua Angkatan Laut untuk beroperasi bersama secara lebih effektif. 
03 New Horizon 2011
“Tahun ini telah ditandai dengan kiprah tingkat tinggi antara angkatan laut Australia dan Indonesia dengan Kapal Perang Warramunga dan Sirius menjadi kunjungan kapal angkatan laut Australia ke Indonesia yang ketigapuluh dan ketigapuluh-satu pada 2011. Ini dengan jelas memperlihatkan kematangan hubungan Pertahanan kita, dan tekad untuk kerja sama guna memastikan keamanan timbal-balik kita,” tutur Brig-Jend Hogan.  Latihan bersama yang dibuka secara resmi oleh Commander Australian Fleet Steve Gilmore AM CSC RAN bersama Wakasal Laksdya TNI Marsetio, melakukan jenis latihan taktis dengan pasukan yang menggunakan metode maneuver lapangan. 
04 New Horizon 2011
Tahun ini latihan bersama New Horizon telah dikembangkan dari skenario dari latihan sebelumnya, termasuk diantaranya latihan saat di laut dimana tergabung beberapa kegiatan kompleks seperti mendaratkan/ menerbangkan helikopter TNI AL diatas kapal HMAS Warramunga, latihan menembak meriam – Gunnery Firing Exercise, Pengeledahan dan Penyerangan diatas kapal HMAS Sirius yang dilakukan oleh TNI AL dan melakukan perpindahan perlengkapan menggunakan metode line transfer antar dua kapal di laut. 
05 New Horizon 2011
Disela latihan bersama New Horizon, kegiatan olah raga turut digelar bersama antara awak kapal TNI AL KRI Frans Kaisiepo dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma dan HMAS Warramunga dan HMAS Sirius. Kegiatan tersebut berlangsung cukup seru dengan diadakan olah raga tradisionilIndonesia, diantaranya tarik tambang dan lomba balap bakiak. Masing-masing angkatan laut dari dua negara tersebut menyambut dengan sangat anthusias. 
06 New Horizon 2011