Kunjungan Pertama Joint Working Group Ke AustraliaTweet

 
Joint Working Group Meeting

AUSTRALIA – Ketika enam TNI AU, anggota dari RAAF/TNI AU Joint Working Group on Safety and Airworthiness melakukan kunjungan pertamanya yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 30 September 2011 ke Australia, AIRCDRE Tony Jones menyambut kunjungan tersebut dengan sangat baik.

“Joint Working Group (JWG) kami pada kelayakan udara saat ini sudah mencapai sejumlah hasil yang signifikan, termasuk baru-baru ini didukung dengan adanya persetujuan Kasau dari kedua negara atas kerangka acuan (terms of reference) JWG” ucap AIRCDRE Jones. “JWG ini memberikan kesempatan bagi kami untuk membangun hubungan yang lebih kuat denganIndonesiadengan adanya pemahaman yang lebih baik terhadap keselamatan dan kelayakan udara pada kedua angkatan udara dan dengan terselenggaranya kerjasama untuk meningkatkan sistem tersebut.” Ketua JWG, Marsma TNI Djamhari memimpin rombongan TNI AU yang bergabung dengan rekan RAAF untuk menghadiri rapat JWG yang diadakan setiap dua kali setahun dan berpartisipasi dalam program kunjungan untuk mengetahui lebih dalam mengenai sistem keamanan dan kelayakan udara ADF. Pada kunjungannya, Marsma TNI Djamhari disambut baik oleh KasauAustralia, AIRMSHL Geoff Brown. Kasau dari kedua belah pihak menganggap JWG on Safety and Airworthiness ini sangat penting bagi kedua negara.

Anggota delegasi juga mendapatkan briefing mengenai peraturan dan kebijakan sistem RAAF saat mengunjungi Director General Technical Airworthiness di Melbourne dan pada saat mengunjungi Directorate of Defence Aviation and Air Force Safety dan Directorate of Operational Airworthiness di Canberra.

AIRCDRE Jones mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang sangat bagus sekali.

Sehubungan dengan kegiatan keselamatan, pada tahun 2010, tim Roulette milik RAAF mengunjungi Jakarta dan Jogjakarta untuk melakukan pelatihan bersama tim aerobatik Jupiter milik TNI AU guna meningkatkan kualitas keamanan milik kedua negara.

Joint Working Group Meeting