Pertukaran Perwira Kadet Australia ke Akademi Angkatan UdaraTweet

YOGYAKARTA - TNI-AU dan RAAF telah menyelenggarakan pertukaran kadet dua-tahunan antar masing-masing akademi selama beberapa dasawarsa yang lalu. Tahun ini empat Perwira Kadet RAAF (OFFCDT) dan dua instruktur RAAF dari Akademi Angkatan Bersenjata Australia (ADFA) tinggal bersama di Akademi Angkata Udara TNI-AU (AAU) di Pangkalan Udara Adisutjipto,Yogyakarta pada 10 - 14 Okt 11. Kelompok RAAF terdiri dari: FLTLT Courtney Westphal (Divisi OIC dan ketua kelompok), FLTLT Sarah Jackson (Divisi OIC), OFFCDT Katilyn O’Brien, OFFCDT Alysha Dunn, OFFCDT Matthew Grebert, dan OFFCDT Daniel Bailey.

Kelompok kadet RAAF tersebut disambut baik dan dijamu oleh Wakil Gubernur AAU, Marsma TNI Sugihardjo dilanjuti dengan sesi tanya jawab yang dirancang baik untuk memperkenalkan AAU kepada kelompok tersebut dan juga untuk memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk saling membandingkan latar belakang masing-masing termasuk modus operandi kedua akademi kita. Selama empat hari para kadet RAAF – ditemani oleh kadet dan staf AAU – diintegrasikan ke dalam kegiatan kelas senior AAU di "Sayap Karbol". Mereka juga sempat berkunjung ke berbagai lokasi budaya dan menghadiri kegiatan-kegiatan yang penting di sekitar kota Yogyakarta.

 
02 Cadet Visit AAU 2011

Diakui oleh OFFCDT Alysha Dunn bahwa pertukaran perwira kadet ini merupakan pengalaman yang sangat berharga; “Kami dapat melihat bagaimana Indonesia bergabung dan menjalankan kehidupan militernya, dimana menurut kami tidak jauh berbeda dari Australia. Dan selama kami berada diIndonesia, kami diberi kesempatan untuk berkunjung ke beberapa tempat di Yogya dan bertemu dengan banyak orang hebat.”

 
03 Cadet Visit AAU 2011

Kunjungan ini dirancang untuk memperkenalkan kepada Perwira Kadet RAAF rezim pelatihan perwira yunior TNI-AU yang digunakan di AAU, guna memupuk hubungan militer – khususnya antar Angkatan Udara – pada tingkat perwira yunior antara Australia dan Indonesia, dan untuk memberi pandangan tentang kebudayaan dan nilai-nilai TNI-AU. Kunjungan seperti ini merupakan unsur penting program pelibatan internasional ADF dan merupakan forum pertukaran gagasan dan pandangan antara personel-personel yang mewakili perwira-perwira masa depan ADF dan TNI.

 
04 Cadet Visit AAU 2011

Direncanakan di tahun yang mendatang, 2012, Karbol AAU akan lakukan kunjungan ke ADFA, Australia – kunjungan tersebut dilakukan oleh Karbol AAU sebagai program yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. 

 
05 Cadet Visit AAU 2011