Testimoni: Emergency Management Seminar 2011Tweet

 
Kunjungan Fire Brigade
AUSTRALIA - Emergency Management Seminar 2011 diselenggarakan oleh Autralian Emergency Management Institute (AEMI) yang berlokasi di Mt Macedon, Melbourne-Victoria. Seminar dilaksanakan tgl 10-21 Oktober 2011 dan  diikuti oleh 20 peserta dari 12 negara di kawasan Asia Pasifik, baik militer maupun sipil yg bekerja di kementrian pertahanan negaranya. 
Tujuan EMS adalah untuk memperkenalkan peserta tentang konsep manajemen penanggulangan bencana sebagai aktivitas yang melibatkan "seluruh komponen bangsa" dalam mengelola bencana dan keadaan darurat. 
Kunjungan ICC
Disamping penyampaian materi oleh staf pengajar AEMI, ada juga materi yg disampaikan oleh personel dari berbagai lembaga yang terkait dengan penangulangan bencana seperti kepolisian negara bagian Victoria, CEO St John Ambulance, pejabat pemerintahan setempat, dll. Seminar yang dapat pula disebut "short course" tersebut juga diisi dengan kegiatan sindikat/kelompok serta kunjungan ke Pusat Kontrol Pengendalian Bencana tingkat daerah dan negara bagian. 
Presentasi Heri
Menurut saya pribadi, kegiatan Emergency Management Seminar memberikan wawasan baru tentang penanggulangan bencana, diantaranya:  1. Perlunya sebuah prosedur tetap yang dimiliki oleh suatu daerah (kabupaten) dan bisa di praktekkan oleh warganya dalam rangka mengantisipasi bencana (evakuasi, recovery, dll). 
Certificate Leo Sugandi
2. Voluntary system merupakan hal yang sangat mengagumkan, dimana banyak lembaga-lembaga relawan yang siap membantu tanpa pamrih saat terjadi bencana di Australia seperti Fire Brigade, St John Ambulance, Red Cross, State Emergency Service, dll. 3. Bagi masyarakat Australia, militer merupakan kekuatan terakhir yg akan dipanggil apabila masyarakat tidak mampu menangulangi bencana yg sedang menimpa komunitas mereka.     
Certificate Heri Oktavian
Kapten Inf Leo Sugandi dan Kapten P Heri Oktavian
Participants of Emergency Management Seminar 2011