Testimoni: Program Pertukaran Instruktur Tweet

Instructor at the UN Mission Observer Course
 

AUSTRALIA - Dari sekian banyak pelatih dan instruktur untuk pelatihan Misi PBB yang ada di PMPP TNI, saya termasuk salah satu instruktur yang memiliki jam terbang dan pengalaman yang cukup baik. Tetapi untuk tugas sebagai instruktur pada pelatihan di luar negeri seperti pada kursus UNMOC Australia merupakan hal yang  baru pertama kali saya lakukan. Pada awalnya saya butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan suasana pelatihan tersebut. Saat mulai mengajar dan menjadi Instruktur Pembimbing tetap pada satu Sindikat Siswa, timbul rasa percaya diri karena semua kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tercapai atas dukungan dari Pihak Peace Operation Training Center (POTC) ADF sebagai Manajemen Kursus dan rekan Instruktur Internasional lainnya serta respon yang baik dari Siswa yang pada umumnya sudah memiliki tingkat kesiapan yang tinggi dan pemahaman yang baik akan prinsip saling menghargai dan menghormati.

Semakin jauh kursus berjalan semakin saya menikmati saat-saat memberikan pelajaran, Instruksi maupun koreksi kepada Siswa. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa dan tak akan terlupakan. Atas nama pribadi, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Australia yang telah memberikan kesempatan bagi kehadiran Instruktur dari Indonesia dan kepada TNI khususnya PMPP yang telah mempercayakan tugas tersebut kepada saya.

 
Instructor at the UN Mission Observer Course

UN Military Observer Course seperti yang dilaksanakan oleh POTC ADF ini sangat bermanfaat bagi tersedianya sumberdaya manusia yang berkualitas untuk melaksanakan tugas sebagai Pengamat Militer (Milob) pada misi PBB. Inisiatif dari pihak Australia untuk melaksanakan pertukaran Instruktur dan Siswa merupakan hal yang patut diacungkan jempol. Menurut pandangan saya, kerjasama antar Negara untuk membentuk tenaga profesional yang akan bertugas dalam lingkungan internasional sangatlah penting. Dengan membawa situasi multinasional secara dini ke dalam proses pembentukan calon Milob, akan semakin menjamin kesiapan dan keberhasilan mereka untuk menghadapi tugas dalam lingkungan internasional seperti penugasan pada misi PBB.

 
Instructor at the UN Mission Observer Course
Kapten Edwin Habel
TNI AD, PMPP TNI, Mabes TNI, Cilangkap - Jakarta Timur
Instructor at the UN Mission Observer Course
8 Agustus – 16 September 2011