Peresmian Lab Bahasa di Armada Timur SurabayaTweet

 
01 Language Labs Armatim Surabaya

SURABAYA – Rear Admiral Steve Gilmore, Komandan Armada Australia (COMAUSFLT) secara resmi membuka laboratorium bahasa Inggris di Armada Timur (Armatim) di Pusat Pelatihan Armatim pada 21 November 2011.  Kunjungan Gilmore kali ini terkait dengan latihan bersama New Horizon 2011, latihan bilateral unit armada utama yang dilakukan dua tahunan antara Angkatan Laut Indonesia dan Australia.

Peresmian pembukaan laboratorium bahasa dihadiri oleh Wakil Kepala Staff Angkatan Laut – Laksdya TNI Marsetio, Asisten Operasi Armada Barat Laksda TNI Hari Bowo, Panglima Armada Barat Laksda TNI Didit Herdiawan, termasuk Panglima Armada Timur Laksda TNI Ade Supandi.

 
02 Language Labs Armatim Surabaya
Pada pidato pembukaannya Gilmore berujar bahwa hubungan dan persahabatan antara Angkatan Laut Australia dan Angkatan Laut Indonesia saat ini sangat kokoh. Beliau menekankan bahwa kerjasama antara kedua Angkatan Laut di bidang keamanan maritim merupakan unsur sangat penting dalam hubungan tersebut dan 2011 telah memperlihatkan tempo perkiprahan yang luar biasa tinggi antara Angkatan Laut Australia dan Indonesia dimana kapal-kapal Australia telah menjadi pengunjung reguler ke Indonesia. Kunjungan ke Surabaya saat ini yang dilakukan oleh HMAS Warramunga dan HMAS Sirius untuk latihan bersama New Horizon merupakan kapal ketigapuluh dan ketigapuluhsatu yang berkunjung ke Indonesia pada 2011. 
03 Language Labs Armatim Surabaya
Rear Admiral Steve Gilmore mencatat bahwa, sebagaimana latihan maritim membantu memperkukuh persahabatan, demikian juga hubungan professional dan pribadi yang terbentuk melalui pertukaran pelatihan. Gilmore menuturkan Australia sangat menghargai peningkatan hubungan sosial dan budaya antara Angkatan Laut Australia dan Indonesia dan berharap bahwa 20 perangkat komputer bahasa yang terpasang di setiap laboratorium dapat mendukung pelajaran mendengar, menulis, membaca dan berbicara – sama seperti yang telah terpasang di ARMABAR pada 2010 – dapat membantu pengembangan lebih lanjut dan peningkatan kapabilitas bahasa Inggris, sehingga memberikan personil TNI kesempatan yang lebih besar untuk menerima posisi pelatihan di Australia. Gilmore berujar nilai yang Australia tempatkan untuk penguatan hubungan antar-warga ditekankan oleh pembentukan resmi awal tahun ini Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia Australia (IKAHAN) maupun hubungan resmi di masa depan antara Australian Defence College kami dengan Lemhannas. 
04 Language Labs Armatim Surabaya
Gilmore mengakhiri pidatonya dengan harapan dan maksud yang tulus bahwa laboratorium bahasa inggris di armatim dapat memperdalam kerja sama dan hubungan yang telah substansial antara kedua angkatan laut kita. 
05 Language Labs Armatim Surabaya