Pertama untuk AD Australia dan Indonesia: Kerjasama Infanteri MekanisTweet

01 Mech MTT

JAKARTA - November 2011 telah menjadi saksi kerjasama yang baru antara dua angkatan darat kita: pelatihan Infanteri Mekanis. Pelatihan infanteri mekanis antara TNI-AD Brigif 1/JS Kodam Jaya (Jakarta) dan Brigade 1 Australia (Darwin) menggunakan format Mobile Training Team (MTT) dari Brigade 1 yang bekerja di barak Yonmek 201 di Depok selama periode13-25 Nov 2011.  

Enam staf dari Brigade 1 turut andil, yang terdiri atas spesialis operasi, perencanaan, logistik dan taktik. Tim TNI-AD terdiri atas 20 perwira dan tamtama dari Batalyon 201, 202 dan 203 (Kodam Jaya), serta perwakilan dari Pussenif dan Pusenkav. Berbagai subyek diarahkan dan dilatih dalam pelatihan tersebut, termasuk: metode-metode pelatihan individual dan kolektif, sistem pemeliharaan, taktik dasar infanteri mekanis, dan optimalisasi struktur batalyon mekanis. 
02 Mech MTT
Ternyata ide pertukaran pengalaman dan teknik pada bidang kritis ini yakni ‘mobilitas terproteksi’ telah didiskusikan selama beberapa tahun, termasuk brifing Kemampuan Motorised pada diskusi tahunan antar Angkatan Darat 2008. Bermotivasi pada pengalaman masing-masing dengan operasi mobilitas terproteksi di Lebanon (TNI) dan Irak dan Afganistan (ADF), maka telah disetujui oleh masing masing Kepala Angkatan Darat bahwa kita seharusnya bekerjasama dalam bidang ‘mobilitas terproteksi’, yang pada awalnya terfokus pada infanteri mekanis. Logika untuk hal ini jelas, tak hanya bahwa mobilitas terproteksi adalah kemampuan inti dari setiap Angkatan Darat modern, namun juga semakin penting untuk keberhasilan operasi penjaga perdamaian/ Peace Keeping Operations (PKO). 
03 Mech MTT
Komandan dari Brigif 1/JS, Kolonel Inf Sonny Apriyanto SE, memberikan pengawasan untuk pelatihan tersebut, dan memimpin upacara pembukaan dan penutupan. Pada 25 November, Kolonel Sonny bersama Atase AD Australia memimpin sesi tinjauan bersama akan hasil-hasil dari Mech Inf MTT, dari kunjungan kerja Kol Sonny ke Brigade 1 Australia di Darwin 31 Okt – 3 Nop, dan pengalaman staf Brigif 1 dan Kodiklat dalam rangka EX KARTIKABURRA di Australia Oktober-November.   
04 Mech MTT
Dari tinjauan tersebut, bersama-sama kami telah menyetujui untuk berusaha meningkatkan KARTIKABURRA 2012 untuk melanjutkan membentuk keahlian dan hubungan antara kesatuan-keastuan mekanis kami dan untuk melaksanakan pelatihan yang lebih detil pada November 2012 di mana staf Indonesia dan Australia akan merancang dan melaksanakan pelatihan operasi kendaraan mekanis, disesuaikan untuk kebutuhan TNI-AD dalam semua segi pengoperasian kendaraan hingga tingkat platon. Acara ini akan menjadi episode pertama ‘EX AUSINDO BUFFALO’.  Bila perkembangan di 2012 terlaksana baik, kami akan berusaha untuk meningkatkan kerjasama ini lebih lanjut lagi dengan menyelenggarakan pelatihan taktis di Darwin pada 2013. 
05 Mech MTT
Semua kerjasama ini adalah perkembangan yang sangat ditunggu-tunggu. Salut untuk semua peserta dari Brigade 1 dan semua pemimpin dan staf di Brigif 1/JS dan Yonmek 201: secara bersama kami telah memulaikan sebuah kemitraan baru di antara organisasi-organisasi ‘mobilitas terproteksi’ kami yang diharapkan akan berkesinambungan dan saling menguntungkan – dengan Brigif 1/JS dan Brigade 1 sebagai pelopor pertama.   
06 Mech MTT
  Click here for article ENGLISH VERSION