IKAHAN Hadir Pada Dialog Pertahanan Internasional Jakarta 2012Tweet

01 JIDD 2012

JAKARTA - Dialog Pertahanan Internasional Jakarta atau Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) yang kedua diselenggarakan di akhir Maret dan IKAHAN dengan bangga menjadi anggota yang turut ambil bagian dalam JIDD.  Terima kasih atas kerja sama yang baik dari staf panitia Universitas Pertahanan (UNHAN), IKAHAN berhasil memperoleh booth promosi di Pameran Pertahanan Asia Pasifik atau Asia Pacific Defence Expo, yang diselenggarakan bersamaan dengan JIDD.  Booth IKAHAN terlihat sangat populer dan memiliki daya tarik yang sangat besar terhadap para anggota IKAHAN yang menghadiri JIDD, maupun terhadap para calon anggota IKAHAN.

Tahun ini, JIDD secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Yang Mulia Susilo Bambang Yudhoyono bersama Menteri Pertahanan RI, Prof. Dr. Ir. Purnomo Yusgiantoro.  Kali ini, Australia mendapat kehormatan untuk diwakili oleh Sekretaris Pertahanan, Bpk Duncan Lewis (mewakili Menteri Pertahanan Australia) dan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, General David Hurley.  General Hurley secara resmi meluncurkan IKAHAN bersama mantan KASUM, Marsekal TNI (Purn) Edy Harjoko, di Jakarta pada Maret 2011. Melihat perkembangan yang sangat pesat, General Hurley merasa sangat terkagum menyaksikan booth IKAHAN dan tingkat minat yang besar terhadap IKAHAN di JIDD.

02 JIDD 2012

Sekretaris Lewis dan General Hurley memberikan pidato utama di JIDD, General Hurley berujar beliau sangat senang menerima kehormatan untuk berada di panggung bersama-sama dengan Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, pada sesi terakhir JIDD.  Baik Sekretaris Lewis dan General Hurley sangat menghargai dukungan dari Atase Pertahanan Indonesia di Australia, Marsma TNI Benediktus Widjanarko, dan seluruh staf pendukung lainnya.

03 JIDD 2012

Walau sedang memantapkan dirinya, JIDD telah diakui sebagai forum kawasan yang penting tentang masalah-masalah Pertahanan dan keamanan. Ini merupakan suatu langkah penting untuk membantu mengembangkan jaringan keamanan kawasan yang komprehensif melalui diplomasi Pertahanan. Selama pidatonya yang sangat memikat pada pembukaan JIDD, Presiden Yudhoyono berujar bahwa diplomasi Pertahanan adalah penting dalam hubungan strategis antar bangsa, maupun untuk memperkukuh langkah-langkah keamanan kawasan Asia Tenggara.  Presiden berujar bahwa kemitraan diplomatik dan kerja sama militer akan membantu memupuk kepercayaan antar bangsa dan hal ini sangat bermanfaat bagi militer untuk menjaga hubungan kerja yang baik guna membantu menghindari salah pengertian.  Ini sungguh-sungguh sesuai dengan semangat yang menjadi harapan IKAHAN untuk memberi sumbangsih melalui penguatan hubungan antar-warga yang telah terjalin baik antara Indonesia dan Australia– sangatlah tepat bahwa Ulang Tahun IKAHAN (22 Maret) bersamaan dengan penyelenggaraan JIDD!

04 JIDD 2012

JIDD diselenggarakan dengan sangat baik oleh UNHAN dan bersamaan dengan ulang tahun pendirian UNHAN. IKAHAN memberikan pengakuan bahwa Rektor UNHAN, Letjen TNI (Purn) Syarifudin Tippe dan staf beliau telah melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik terkait penyelenggaraan dialog yang berjalan lancar dan kami sekali lagi menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada IKAHAN untuk memamerkan kemajuan kami serta keberhasilan dalam booth tersebut.

05 JIDD 2012
UNHAN telah menjalin hubungan profesional yang substansial dengan Australia melalui hubungan kerja dengan Australian Defence College (ADC) dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.  UNHAN dan ADC saat ini sedang berupaya merampungkan suatu Kerangka Perjanjian Kerja Sama, yang akan membantu meresmikan kemitraan kooperatif ini.  Terlihat pada kenyataannya, beberapa staf di UNHAN adalah lulusan kursus-kursus ADC dan tahun ini Australia merasa senang bahwa seorang siswanya menuntut ilmu di UNHAN pada penerimaan siswa asing yang perdana.  Australia telah menyediakan peralatan teknologi informasi guna membantu mendukung infrastruktur teknologi informasi UNHAN, Laboratorium Bahasa Inggris untuk membantu para siswa UNHAN mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka dan kerja sama tentang pengembangan kursus.  Awal tahun ini, Rektor UNHAN Letjen TNI (Purn) Syarifudin Tippe dan sejumlah delegasi berkunjung ke Australia untuk membicarakan Kerangka tersebut dengan rekan kerjanya dari ADC, MAJGEN Craig Orme, dan juga menjajaki kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan kerja sama akademis dengan Universitas-Universitas Australia, termasuk bersama dua anggota IKAHAN – Profesor Peter Leahy (mantan KASAD Australia) dari Universitas Canberra dan Profesor Alan Dupont dari Universitas New South Wales. 
06 JIDD 2012

Satu lagi keberhasilan JIDD di belakang kita – selamat kepada semua yang telah terlibat untuk prakarsa penting ini – dan kami menantikan dengan gembira untuk bertemu dengan anda di booth IKAHAN di JIDD 2013!

07 JIDD 2012