Latihan Bersama Pawang Anjing Pelacak Bahan Peledak Semakin Matang Tiap TahunnyaTweet

01 EDD EOD 2012

JAKARTA - Tim beranggotakan tiga orang dari Resimen Zeni Operasi Khusus atau Special Operations Engineer Regiment (SOER) pawang Anjing Pelacak Bahan Peledak atau Explosive Dog Detection (EDD) dan Pelacakan Bahan Peledak atau Explosive Ordnance Detection (EOD) melakukan pelatihan bersama selama dua minggu dengan Tim Cakra dan Tim Pihanjak dari Satuan 81 Kopassus di Cijantung. Pelatihan bersama tersebut dilakukan pada 12 Maret hingga 22 Maret 2012 dan tim SOER disambut oleh DanSat 81, LETKOL R. Sidharta Wisnu Graha pada Upacara Pembukaan.

Pelatihan ini berkembang atas suksesnya dua kunjungan fact finding yang dilakukan pada bulan Juni dan Mei tahun lalu bertempat di Holsworthy, New South Wales, Australia, dan Cijantung, Jakarta.  Pada minggu pertama, kedua kelompok pawang tersebut saling bertukar teknik-teknik melatih anjing pelacak dan calon pawang anjing, termasuk diantaranya cara melacak dalam gedung, jalanan umum dan pada kendaraan, juga pelatihan peternakan, pemeliharaan dan keperluan kandang anjing pelacak. Mereka juga saling menunjukkan dan bertukar dril dasar yang dilakukan di lapangan dan berhasil bertukar gagasan serta prosedur yang juga membantu mereka untuk mengembangkan dasar untuk menyusun pelatihan mereka pada minggu terakhir. Tim SOER Australia sangat terkesan dengan kapabilitas anjing beserta pawang dari Satuan 81 Kopassus. Tim SOER Australia  mengakui telah banyak belajar dari rekan-rekan barunya dari Kopassus.

02 EDD EOD 2012

Pada minggu kedua terdapat lebih banyak praktik langsung di lapangan, guna mengembangkan pelajaran yang telah diperoleh pada minggu pertama. Praktik langsung di lapangan ini berpuncak dengan pertunjukan bersama yang memperlihatkan teknik-teknik yang telah disempurnakan selama dua minggu terakhir itu. 

03 EDD EOD 2012

Pertunjukan yang sangat sukses ini, disaksikan oleh DanSat 81, LETKOL R. Sidharta Wisnu Graha dan Atase Darat Australia, KOL Andrew Mayfield. Hal ini kemudian dengan berhasil diikuti dengan upacara penutup yang dilakukan di Barak Tim Cakra. Upacara penutup menunjukkan hubungan yang semakin erat antara kedua kelompok penggemar anjing tersebut. Dalam pidatonya penutupan, LETKOL Wisnu mendesak semua peserta untuk mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari latihan itu. “Semua pelajaran berharga, dimana saja asalnya” LETKOL Wisnu mengatakan.

04 EDD EOD 2012

Setelah pertunjukan bersama berakhir, murid sekolah dasar yang telah berkumpul untuk menyaksikan kehebatan anjing terlatih di lapangan olahraga Satuan 81, diajak bertemu dengan pawang anjing SOER. Disana, perlengkapan EOD ditunjukkan kepada para murid dan dijelaskan fungsinya oleh anggota SOER dan Kopassus. Senyuman lebar terlihat dimana-mana saat murid tersebut beramai-ramai untuk mengabadikan moment istimewa mereka bersama tentara Australia.

05 EDD EOD 2012