Dawn Kookaburra 2012 Ciptakan Hubungan Kuat Antar Angkatan Darat Indonesia dan AustraliaTweet

01 Dawn Kookaburra 2012
PERTH - Serangkaian Latihan Bersama DAWN KOOKABURRA dan DAWN KOMODO telah diselenggarakan antara Special Air Services Regiment (SASR) dan KOPASSUS selama beberapa tahun hingga saat ini yang difokuskan pada Anti-Terorisme Dalam Negeri. Persahabatan yang telah lama berlangsung dan saling menghormati ini telah menciptakan ikatan dan hubungan yang kuat antara kedua unit dan DAWN KOOKABURRA 12, bukanlah suatu kekecualian.

Latihan DAWN KOOKABURRA 12 diselenggarakan pada 26 Maret hingga 05 April 2012, dengan 31 anggota SATUAN 81, KOPASSUS, melakukan perjalanan ke Perth yang dipimpin oleh Komandan Kontingen, Mayor Yudha Airlangga. Pentingnya latihan ini untuk peserta baik dari Australia maupun Indonesia nampak sangat jelas dengan upaya besar yang dikerahkan untuk mengadakan pelatihan ini yang dilakukan oleh kedua kelompok tersebut. Pelatihan PRALATMA yang diselenggarakan oleh Unit 81 dilakukan secara ekstensif dengan proses seleksi yang keras bagi para Pelaku yang dipilih untuk berkunjung ke Australia. Skuadron SASR yang terlibat juga memberikan prioritas tinggi pada pelatihan bersama, walaupun sedang berada di tengah-tengah jadwal pelatihan yang sibuk, dengan mengalokasikan sejumlah besar pria dan sumber daya demi keberhasilan latihan tersebut.

02 Dawn Kookaburra 2012
DAWN KOOKABURRA 12 difokuskan pada latihan Komando dan Kendali, Pertempuran Jarak Dekat dan Pengintaian Khusus atau Special Reconnaissance (SR) yang berpuncak di Profil Misi Penuh atau Full Mission Profile (FMP). Para anggota SASR dan Unit 81 KOPASSUS melancarkan serangan pada suatu perkampungan di kota, yang sebelumnya telah diidentifikasi sebagai kubu teroris oleh tim pasukan SR. Serangan bersama tersebut dilakukan dengan bantuan dari Penembak Jitu Unit 81 dalam over watch, yang menetralkan ancaman musuh eksternal saat penyerang mendekati target. 
03 Dawn Kookaburra 2012

FMP disaksikan oleh Staf Mabes KOPASSUS yang melakukan kunjungan ke Australia untuk menghadiri brifing dengan Commander of the Australian Special Forces (Danjen Kopassus Australia) dan Deputy Special Operations Commander (DSOC) di Special Command Headquarters (SOHQ) di Canberra, diikuti dengan kunjungan ke Perth untuk brifing dengan Commanding Officer SASR dan menyaksikan puncak DAWN KOOKABURRA 12. Mereka dikawal dalam kunjungan tersebut oleh Atase Angkatan Darat Australia untuk Indonesia dan Perwira Penghubung Anti Terorisme dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta selama kunjungan ke Perth.

04 Dawn Kookaburra 2012

Pelaku yang terlibat dalam latihan bekerja sangat keras selama jangka waktu dua minggu, namun demikian masih ada banyak kesempatan bagi para anggota Unit 81 untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh Perth. Para anggota SASR membawa mereka ke beberapa tempat seperti Kings Park, Caversham Wild Life Park, Fremantle dan perjalanan di atas kapal sepanjang Sungai Swan. Juga banyak kesempatan untuk menghadiri kebudayaan Australia dalam banyak pesta BBQ dengan bahan makanan setempat termasuk Kangguru, Emu dan Buaya.

05 Dawn Kookaburra 2012

Upacara penutup juga sangat berhasil dan dihadiri oleh baik Mabes KOPASSUS maupun SASR dengan pakaian Batik mereka yang terbaik, bersama dengan para pria Unit 81 dan SASR. Kehangatan dan penghargaan nampak melimpah diberikan oleh kedua kelompok dengan pertukaran tradisional cendera mata dan piagam maupun pertunjukan tari Kecak yang sangat baik oleh para anggota Unit 81.

06 Dawn Kookaburra 2012

Para pria SASR sekali lagi berterima kasih atas kesempatan untuk berlatih dengan Unit 81 Kopassus dan mengucapkan terima kasih kepada mereka atas keikutsertaannya dalam salah satu latihan DAWN KOOKABURRA 12 yang paling sukses sejauh ini dan menantikan dengan gembira kunjungan balasan ke Indonesia akhir tahun ini untuk latihan DAWN KOMODO.  

07 Dawn Kookaburra 2012