IKAHAN Gelar Loka Karya E-Learning Guna Mendukung Sistem Pembelajaran BahasaTweet

JAKARTA Dua staff ahli E-learning dari Defence International Training Centre (DITC) mengunjungi Pusdiklat Bahasa KEMHAN pada 23 April hingga 7 Mei 2012, bertujuan untuk memberikan loka karya mengenai E-learning. Kegiatan ini merupakan salah satu contoh kerjasama antara DITC dan Pusdiklat Bahasa KEMHAN dalam bidang pelatihan Bahasa Inggris yang akan dilakukan pada masa yang akan datang termasuk diantaranya pengadaan loka karya E-learning. Sejak 2010, Angkatan Bersenjata Australia telah mendukung pemasangan sembilan laboratorium komputer bahasa pada sejumlah kesatuan dan sekolah bahasa TNI termasuk KEMHAN. Dan pada tahun ini, dukungan tersebut dilanjutkan dengan penambahan 5 laboratorium komputer bahasa di kesatuan dan sekolah bahasa lainnya di Indonesia.

Selama dua minggu, 20 guru Bahasa Inggris yang terdiri dari lima personel guru dari setiap TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU dan KEMHAN, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan untuk menggunakan program E-learning (Moodle dan Adobe Connect) termasuk pelajaran menggunakan teleconference guna memudahkan hubungan komunikasi dengan rekan di DITC Melbourne, sekolah bahasa TNI dan KEMHAN. Terdapat pula program terkini yang dapat menghubungkan antara guru dan siswa sehingga dapat berinteraksi secara langsung dengan guru native speakers.  Program tersebut juga dilengkapi dengan latihan-latihan yang dapat dikerjakan secara individual oleh para siswa.

Seperti layaknya universitas terbuka (Open Universities) yang memperbolehkan para siswa menyelesaikan studi kursus dimana saja dengan menggunakan program E-learning dan internet, saat ini DITC sedang berusaha untuk mendukung lebih banyak lagi pelatihan dan pendidikan Bahasa Inggris lewat E-learning. Upaya ini dikoordinasikan Australian Language Adviser, Kapten Jon Couper, perwira Angkatan Darat Australia yang ditugaskan di Pusdiklat Bahasa KEMHAN untuk membantu program Bahasa Inggris dalam TNI dan KEMHAN dengan prakarsa meningkatkan kemampuan guru Bahasa Inggris TNI dan KEMHAN dan cara pelatihan bahasa untuk masa depan. 

03 ELearning 2012