Untuk Pertama Kalinya, SASR Terjun dari Helikopter MI-17Tweet

 
01 Military Free Fall Batujajar

BATUJAJAR - Selepas kunjungan yang sukses oleh dua anggota Kopassus spesialis terjun bebas ke Sekolah Pelatihan Parasut (PTS) Australia pada 21-25 Mei, tiga anggota PTS dan SASR melakukan kunjungan balasan ke Sekolah Para Kopassus, Pusdikpassus di Batujajar pada 11-15 Juni 2012. 

Sekali lagi ini juga kunjungan yang sangat berhasil di mana para pakar Terjun Parasut Australia melakukan terjun pertamanya dari helikopter MI-17.

 
02 Military Free Fall Batujajar

Keberhasilan pelatihan tersebut memperlihatkan betapa lancarnya kedua negara menjalin kerja sama. Sebagaimana dengan kunjungan pakar Kopassus ke Australia, kontingen PTS tanpa rintangan sedikit pun bergabung dengan kursus dasar terjun bebas Kopassus/Kostrad, melompat berdampingan dengan instruktur dan siswa terjun bebas Indonesia.

 
03 Military Free Fall Batujajar
Pelatihan terjun bebas tersebut dapat berlangsung berkat buah kerja keras yang luar biasa antar kedua markas besar, baik di Australia maupun di Indonesia, yang mampu mengatur kegiatan-kegiatan tersebut dalam waktu yang relatif singkat. Banyak hal telah dilakukan oleh kedua Mabes dan staf untuk mendapatkan persetujuan dan perizinan sehingga pelatihan ini dapat terlaksana. Ini sekali lagi menunjukkan kelancaran kerja sama antar Australia dan Indonesia untuk mencapai keberhasilan suatu misi. 
04 Military Free Fall Batujajar

Pelatihan tersebut berjalan dengan sangat lancar dan berpuncak dengan kunjungan Atase Angkatan Darat Australia, COL Andrew Mayfield untuk mengamati latihan bersama tersebut. COL Mayfield disambut dengan hangat oleh Komandan Sekolah Para, Letkol Agus Widodo, yang menawarkan beliau untuk melakukan tur ke fasilitas dan area pelatihan. Tur tersebut sangat dihargai oleh COL Mayfield.

 
05 Military Free Fall Batujajar
Maksud baik ini pastilah akan dibawa pulang ke Australia oleh para spesialis terjun bebas Australia, karena mereka telah merasakan kunjungan yang sangat berkesan selama di Indonesia. Mereka diterima dan dilayani dengan sangat baik oleh mitra kerja Indonesia dan sangat terkesan dengan keterampilan serta profesionalisme instruktur terjun bebas Sekolah Para.  
06 Military Free Fall Batujajar

Angkatan Darat Australia sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI-AD dan Mabes Kopassus atas undangan yang disampaikan untuk pelatihan bersama ini dan berharap dapat membalas keramah-tamahan seperti ini saat Pasukan Khusus Indonesia kembali berlatih di Australia pada waktu yang tidak terlalu lama.

 
07 Military Free Fall Batujajar