TNI AD Berencana Kembangkan Satuan Brigade Dengan Kemampuan MekanisTweet

01 Kartikaburra 2012

DARWIN - Perkembangan teknologi di dunia kemiliteran internasional mengakibatkan pada berubahnya taktik dan strategi untuk memenangkan suatu pertempuran. Pada awal abad ke 21 satuan Light Infanteri atau Infanteri berjalan kaki masih merupakan kekuatan utama angkatan darat di semua Negara, akan tetapi saat ini dengan tuntutan mobilitas yang tinggi serta efektifitas penggunaan manpower maka banyak Negara maju yang menggunakan system Mounted Infantry atau Infanteri Mekanis.

Untuk mensetarakan kekuatan dan kemampuan tempur serta mobilitas satuan TNI Angkatan Darat dengan satuan-satuan angkatan darat Negara tetangga maka Markas Besar TNI AD berencana untuk mengembangkan satuan setingkat brigade yang memiliki kemampuan mekanis, rencana telah mulai diwujudkan dengan dibentuknya Batalyon Infanteri Mekanis 201/JY dan diharapkan kedepannya TNI AD memiliki satuan mekanis yang lebih besar.

02 Kartikaburra 2012

Kegiatan Kartikaburra Exchange Program merupakan kegiatan pertukaran perwira TNI AD ke Australia untuk melihat dan mencari informasi tentang pembinaan satuan mekanis Australian Army yang telah menggunakan model infanteri mekanis sebagai satuan utamanya.

03 Kartikaburra 2012

Kartikaburra 2012 diselenggarakan pada 26 Agustus sampai dengan 22 September 2012, diikuti oleh 8 orang personel dari Angkatan Darat yang dipimpin oleh Lettu Kav Ronald Tampubolon sebagai ketua Tim. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah 2 minggu pertama melaksanakan AUSFAMIL (Australian and Military Familiarisation Course) di DITC (Defence International Training Centre) kemudian melanjutkan kegiatan observasi di CATC (Combined Arms Training Centre) selama 1 minggu di Puckapunyal, Victoria dan pada minggu terakhir melaksanakan OJT di 1st Brigade di Darwin.

04 Kartikaburra 2012

Peserta Kartikaburra juga berkesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Sovereign Hill di Ballarat (pertambangan emas), RAAF Museum, Melbourne Museum, RAAC Museum, Shrine of Remembrance dan DARWIN Museum. Disamping tempat-tempat diatas TNI-AD juga berkesempatan mengunjungi objek-objek wisata yang ada seperti Bourke Street, pantai St.Kilda, Yarra river di Melbourne, Wildlife Park di Ballarat dan pantai Mindil, Waterfront di Darwin. 

05 Kartikaburra 2012

Diharapkan dengan adanya program Kartikaburra dapat semakin mempererat hubungan militer antara TNI dengan ADF (Australian Defence Force) terutama pada kerjasama pengembangan Yonif Mekanis, sehingga ke depan diharapkan TNI AD dapat mewujudkan adanya satuan STANDBY FORCE yang siap melaksanakan tugas dengan persenjataan dan alutsista yang modern.

06 Kartikaburra 2012
JAYA SELALU IKAHAN !!!