Seminar IKAHAN : Persahabatan Melalui PendidikanTweet

01 Seminar 2012

JAKARTA - Seminar militer profesional IKAHAN yang kedua diselenggarakan di Jakarta pada 27 September.  Sebagaimana dengan seminar yang pertama, IKAHAN mendapat kehormatan bahwa Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) bertindak sebagai mitra kami untuk seminar ini.  Kami juga menerima kehormatan bahwa seminar tersebut dibuka oleh Rektor UNHAN, Dr Syarifudin Tippe.  Bapak Tippe akan menyelesaikan tugasnya sebagai Rektor UNHAN pada 2012 dan IKAHAN gembira bahwa beliau dapat membuka seminar tersebut sebagai salah satu kegiatan resminya yang terakhir.  Seminar IKAHAN yang bertema “The Asian Century: Great Power Relations In Our Shared Region” dihadiri oleh banyak peserta yang terdiri dari mahasiswa dan beberapa staf UNHAN.  Seminar tahun ini terisi penuh dengan kehadiran hampir 200 anggota IKAHAN. 

Para pembicara tamu di seminar 2012 termasuk Profesor Alan Dupont dari Universitas New South Wales, Mayjen TNI (Mar) Syaiful Anwar, Wakil Rektor 2 UNHAN dan Dr Yono Reksoprodjo, pakar Pertahanan dan keamanan yang ternama. Turut hadir juga Ambassador Wiryono Sastrohandoyo dan juru bicara Dewan Kaukus IKAHAN, Laksda TNI (Purn) Yoost Mengko.

02 Seminar 2012

Profesor Dupont melanjutkan pertaliannya dengan IKAHAN dan juga menjadi pembicara tamu pada seminar perdana pada 2011.  Tahun ini Profesor Dupont memberikan presentasi yang sangat provokatif tentang “US Berputar keAsia”.  Ini suatu pokok persoalan yang sangat tepat waktu dan hal yang menjadi kepentingan vital baik bagi Indonesia maupun Australia.  Presentasi Profesor Dupont diterima dengan sangat baik dan dilanjutkan dengan diskusi panjang dan menarik.

03 Seminar 2012

Sementara itu, Mayjen TNI Anwar memberi presentasi tentang kerja sama Pertahanan antara ASEAN dengan negara-negara besar lainnya.  Mayjen TNI Anwar memiliki pengalaman luas berurusan dengan ASEAN sejak berkarya di Kemhan dan terlibat erat dalam banyak pertemuan ASEAN pada 2011 selama Indonesia menjadi Ketua ASEAN – yang kini merupakan keberhasilan besar.  Ikhtisar kawasan strategis yang diberikan oleh Mayjen TNI Anwar sangat memikat dan memancing sejumlah pertanyaan dari peserta seminar.

04 Seminar 2012

Pada sesi terakhir, Dr Reksoprodjo membahas keamanan siber yang kembali merupakan isu kepentingan bersama kedua negara kita. Keamanan siber mencakup seluruh proses dan mekanisme dengan mana peralatan, informasi dan jasa berbasis-komputer dilindungi dari akses yang tidak diinginkan atau tidak sah, perubahan atau kerusakan.  Ini suatu area keprihatinan yang sedang muncul untuk seluruh lembaga Pertahanan dan keamanan. Dr Reksoprodjo memberikan pandangan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dengan sangat baik dalam bidang ini.

05 Seminar 2012

Semua yang hadir menikmati seminar satu hari tersebut dan menunjukkan bahwa seminar tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk saling belajar tentang isu-isu yang penting dan juga untuk bertemu dengan kawan lama dan menjalin persahabatan baru.

06 Seminar 2012

IKAHAN mengucapkan terima kasih kepada sponsor kami Four Seasons Hotel atas fasilitas yang luar biasa dan juga kepada UNHAN atas dukungannya yang berkelanjutan.

07 Seminar 2012