Brigjen Gary Hogan Mengakhiri Masa Jabatan Sebagai Athan Australia di JakartaTweet

 
HADS 01

JAKARTA - Brigjen Gary Hogan beserta keluarga telah kembali ke Australia setelah tiga tahun menjabat sebagai Atase Pertahanan Australia di Jakarta. Selama tiga tahun tersebut, beliau juga turut aktif sebagai pembina harian IKAHAN atas nama Panglima TNI dan Chief of Defence Force Australia. Mengingat Brigjen Gary juga sempat menjalani pendidikan di Lemhannas (PPRA XLIV) pada tahun 2009, maka beliau dapat dikatakan telah empat tahun tinggal di Jakarta dan berkecimpung di bidang hubungan bilateral Indonesia-Australia.

Atas kinerjanya yang luar biasa berpengaruh dalam memperkuat hubungan bilateral kedua negara, beliau dipuji oleh petinggi militer saat sesi Strategic Defence Dialogue yang diselenggarakan pada akhir November 2012, di Jakarta. Ucapan rasa hormat dan selamat secara pribadi pun dilontarkan langsung oleh Menteri Pertahanan Prof. Dr. Ir. Purnomo Yusgiantoro, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim dan sejumlah perwira tinggi TNI lainnya yang hadir di kediaman Duta Besar Australia Greg Moriarty dalam rangka acara makan malam bersama pada 5 Desember lalu.

 
HADS 03

Dengan bangga, Brigjen Gary sempat melaporkan kepada atasan di Australia bahwa tingkat kegiatan bilateral militer Indonesia-Australia telah mencapai suatu kesibukan yang mungkin dapat dikatakan paling menonjol selama sejarah kerjasama kedua negara, terutama dengan kembalinya tingkat aktifitas militer yang padat seperti yang pernah dicapai pada tahun 1990an, namun kini dengan peningkatan lebih baik dari segi kompleksitas serta rangkaian manajemen dan dialog yang lebih canggih, interaktif dan adaptif. Semua ini berkat kerja keras oleh sekian banyak staf hublu, operasi dan diklat, serta kebijakan dan dorongan dari para komandan baik di Indonesia maupun di Australia. Dan tentunya, yang sangat membantu adalah efek peredaran informasi dan penjalinan semangat kebersamaan yang diwadahi oleh IKAHAN. 

 
HADS 02
Brigjen Gary melaksanakan sertijab dengan Brigjen John Gould pada tanggal 21 Desember lalu.  Brigjen John menghaturkan salut tertingginya kepada Brigjen Gary. “Semangat dan energi beliau tidak pernah pudar, memikirkan dan menggerakkan interkasi dan inovasi terhadap hubungan bilateral militer kedua negara kita secara terus menerus.  Pak Gary pernah menciptakan persahabatan dengan banyak rekan di jajaran TNI dan dunia hankam, sehingga beliau akan rindu sekaligus dirindukan lingkungan di sini, saya yakin” ucap Brigjen John Gould. 
HADS 4

Brigjen Gary beserta keluarga saat ini berada di Melbourne, memulai kehidupan baru disana.  Tak lama, mungkin, tahun ini, Brigjen Gary akan mengakhiri masa jabatannya, pensiun dari Angkatan Darat.  Sedangkan Brigjen John sebagai mantan Atase Angkatan Darat sekaligus lulusan Seskoad, Sesko TNI maupun Lemhannas mempunyai tantangan penting ke depan sebagai pemimpin tim Australia Defence Force di Indonesia.  “Saya akan mengambil inspirasi dari Pak Gary, mencoba untuk bekerja keras demi kemajuan hubungan bilateral militer kita” tutur Brigjen John.

Salut tertinggi kepada Brigjen Gary Hogan… Dirgahayu!

 
Brigjen John Gould