Kapal Angkatan Laut Australia – HMAS PARRAMATTA Kunjungi Surabaya

01 HMAS Parramatta SURABAYA – Dikawal oleh Angkatan Laut Indonesia, KRI Layang, HMAS PARRAMATTA, Kapal ANZAC Angkatan Laut Australia Kelas Frigate, memasuki pelabuhan umum pada 8 Maret 2013 untuk tiga hari guna keperluan logistik dalam perjalanan menuju ke beberapa tempat di wilayah Asia Tenggara.
Kunjungan ini merupakan kunjungan yang pertama semenjak November 2011 – saat HMAS Warramunga dan HMAS SIRIUS berlabuh di Surabaya untuk Latihan Bersama New Horizon, latihan bilateral keamanan maritim yang dilaksanakan sekali dalam setiap dua tahun – merupakan jenis kapal perang utama dari Angkatan Laut Australia yang pernah mengunjungi Indonesia.

Menyusul sambutan tradisional untuk Komandan, Letkol Simon Cannell, sekitar 190 awak kapal HMAS PARRAMATTA memulai persiapan untuk acara resepsi resmi yang diadakan diatas geladak kapal pada malam harinya. 

02 HMAS Parramatta
Letkol Cannel berkata:

“Hubungan antara Royal Australian Navy dan Angkatan Laut Indonesia sangat kuat dan berdasarkan penghormatan profesional dan persahabatan.

Para awak kapal sangat berharap untuk menjelajahi Surabaya, sebuah kota dengan warisan maritim yang luas dan tradisi. Sebagian besar perusahaan kapal belum pernah mengunjungi Indonesia sebelumnya dan menyambut kesempatan untuk menjelajahi keindahan negara Indonesia serta budaya dan keramahan orang-orang Indonesia.”

03 HMAS Parramatta
Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia, Brigjen John Gould, menegaskan kembali pernyataan Komandan, mengatakan kunjungan kapal secara teratur memperkuat hubungan dan memungkinkan kedua Angkatan Laut untuk beroperasi bersama secara lebih efektif di bidang keamanan maritim yang merupakan elemen dasar dari kerjasama bilateral kedua Angkatan Laut.

“Kami selalu senang melihat adanya kapal perang di Australia berkunjung ke Indonesia, dan sebaliknya kapal perang Indonesia berkunjung ke Australia.  Hubungan kita berdasarkan atas interkasi orang-ke-orang maka dengan program HMAS Parammatta ini justru membawa kesempatan untuk saling melibatkan ABK Australia dengan para senior dan pelaut di kampong halamn Armatim ini.  Kami sangat yakin bahwa pengertian dan saling berempati akan muncul di setiap peserta program ini.

Lagipula, kami sangat menghargai bantuan logistik yang sempat dikoordinasikan dengan rekan-rekan dari Sintel, Hublu AL, dan PT Trias.  Tahun ini, kita telah melihat peningkatan yang tertinggi keterlibatan antara Angkatan Laut Australia dan Indonesia terutama di bidang pengisian bahan bakar, terkadang pada pemberitahuan singkat di Indonesia karena cuaca buruk di Pulau Christmas.  Yang bagus dengan kunjungan PARRAMATTA, sempat ada interaksi dan silaturahmi yang bermakna daripada pengisian BBM saja, kemudian berlayar lagi”.

04 HMAS Parramatta
Personil HMAS PARRAMATTA mengucapkan terima kasih atas keramahanIndonesiadengan mengatur tur kapal untuk Kadet Angkatan Laut dan kelompok sekolah serta berpartisipasi dalam bakti sosial yang telah diatur oleh TNI di salah satu sekolah lokal. Setelah mengecat pagar sekolah, para siswa usia SD menantang anggota Angkatan LautAustraliauntuk pertandingan sepak bola yang bersahabat, memberikan peluang lebih lanjut untuk menjalin persahabatan dan hubungan yang lebih kuat. 05 HMAS Parramatta

Leave a Reply

*