Kerjasama TNI-AU and RAAF dalam Rangka Peningkatan Keselamatan Terbang di Hanggar Sathar 15Tweet

01 Hanggar Sathar 15

JAKARTA - Selama dua bulan terakhir telah terjadi transformasi di hanggar Satuan Pemeliharaan 15 di Lanud Husein Sastranegara.  Sebagai bagian dari kerjasama antara TNI-AU dan Royal Air Force Australia (RAAF) melalui Joint Aviation Safety and Airworthiness Project (ASAAP), hanggar besar di Sathar 15 memiliki facelift yang termasuk pekerjaan mengecat lantai hanggar . Hanggar yang digunakan untuk pemeliharaan C-130 Hercules dipilih oleh TNI-AU sebagai proyek contoh untuk perbaikan hanggar di masa depan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, efisien dan nyaman.

Proyek yang didanai bersama oleh Departemen Pertahanan Australia dan Angkatan Udara Australia telah dalam tahap perencanaan dan persiapan sejak awal 2012 dengan beberapa kunjungan oleh tim dari Australia ke Koharmatau dan Sathar 15. Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas dan merencanakan perbaikan pada lingkungan bekerja di hanggar. Setelah beberapa kunjungan ke Australia oleh staf Mabesau dan Koharmatau, pengerjaan dan jadwal akhir disepakati di bawah kewenangan ASAAP.

02 Hanggar Sathar 15

Pekerjaan perbaikan lantai hanggar dimulai pada akhir Agustus dan diharapkan akan diterima oleh TNI-AU dan RAAF pada pertengahan Oktober, namun saat ini hasil kerja tersebut sudah dievaluasi di Sathar 15 hanggar. Tidak hanya dilakukan perbaikan pada permukaan lantai saja tetapi juga telah dilakukan penghapusan semua noda kontaminan dan perbaikan semua retakan pada lantai hanggar.

SGT Brendan Bailey dari Royal Australian Air Force menghabiskan satu bulan di Sathar 15 untuk bertugas sebagai Supervisor Proyek bekerjasama dengan Komandan Sathar 15 Letkol Riswanto. SGT Bailey memiliki pengalaman yang cukup dalam proyek perbaikan hanggar di Australia. Brendan juga memiliki keahlian dalam membantu proyek ini dengan menggunakan banyak pelajaran dari pengalaman RAAF dalam meningkatkan lingkungan kerja di hangar. 

03 Hanggar Sathar 15

Selain perbaikan pada lantai hanggar, proyek ini juga mendanai instalasi sistem keamanan untuk meningkatkan keamanan bagi pekerja pada sayap dan badan pesawat dan titik kerja bahaya lainnya.  Selain itu, dalam proyek bersama ini, Sathar 15 juga telah dilengkapi dengan fasilitas baru yaitu manajemen penyimpanan peralatan dan pelindung pribadi.

Untuk melengkapi perbaikan keselamatan di Sathar 15, telah dilakukan pula perbaikan pencahayaan di Sathar 15 hanggar dan membangun gudang baru untuk menyimpan banyak macam kimia yang diharapkan dapat meningkatkan sistem penyimpanan yang lebih aman dan efektif untuk bahan kimia berbahaya.

04 Hanggar Sathar 15

Selama penugasan SGT Bailey untuk proyek Sathar 15, dia juga memberikan paparan kepada staf Koharmatau mengenai kebijakan dan praktek RAAF dalam bidang keselamatan terbang, sistem otomatis untuk pengelolahan sistem logistik dan pemeliharaan serta mengenai tantangan keselamatan penerbangan yang dihadapi oleh RAAF.

Dan kebetulan sebagai pemain Sepak Bola Australia, SGT Bailey meluangkan waktunya untuk memberikan beberapa sesi pelatihan fisik dan mengajar anggota Sathar 15 tentang keterampilan dan aturan olahraga ini.

05 Hanggar Sathar 15

Proyek ini merupakan simbol keberhasilan kerjasama yang erat antara TNI-AU dan RAAF di bidang Keselamatan Penerbangan dan Kelayakan Udara serta menunjukkan hubungan pribadi yang erat dibangun secara professional antara kedua Angkatan Udara.

06 Hanggar Sathar 15