Marsma TNI B. Wijanarko Mengakhiri Masa Jabatannya Sebagai Athan Indonesia Di Australia

01 Sertijab Athan RI 2013

CANBERRA -  Pada tanggal 11 Oktober 2013 telah dilaksanakan Upacara Serah terima Jabatan Atase Pertahanan RI di KBRI Canberra, Australia dari Marsma TNI B. Wijanarko kepada Marsma TNI Wieko Syofyan. Upacara yang dipimpin oleh Duta Besar RI Bapak Nadjib Riphat Kesuma tersebut berlangsung dengan khidmat di Wisma Indonesia di Canberra.  Sebelum dilaksanakan upacara Serah Terima Jabatan terlebih dahulu dilaksanakan Upacara Hari TNI  ke 68 dengan pembacaan amanat Panglima TNI oleh Bapak Dubes selaku Inspektur Upacara.

Selanjutnya pada tanggal 12 Oktober 2013, Marsma TNI B. Widjanarko yang biasa dipanggil Pak Koko beserta keluarga kembali ke Jakarta. Selama  dua tahun beliau menjabat sebagai Atase Pertahanan RI di Australia, banyak sekali peningkatan hubungan kerjasama, pendidikan, latihan bersama maupun kunjungan antar kedua Angkatan Bersenjata. 

Pria alumni AAU tahun 1983 yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Asisten Athan di Rumania dan Atase Udara di Thailand ini dikenal rendah hati, murah senyum dan suaranya yang bisa dikategorikan Tenor adalah merupakan sosok yang supel dan pekerja keras.  Hubungan yang akrab dengan Atase Pertahanan Australia di Jakarta semasa beliau bertugas, baik dengan Brigjen (Purn) Gary Hogan maupun pengganti beliau saat ini yaitu Brigjen John Gould terbina sangat erat sehingga semua program kegiatan yang direncanakan kedua belah pihak dapat terlaksana dengan lancar.  Apresiasi yang tinggi dari pemerintah Australia kepada beliau disampaikan oleh Marsdya Mark Binskin, Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Australia pada saat kenal pamit beberapa minggu lalu.

02 Sertijab Athan RI 2013

Selanjutnya Marsma TNI Wieko Syofyan, alumni AAU tahun 1986 yang sebelumnya pernah berdinas sebagai Atase Udara di Belanda, bukanlah orang baru dalam person to person link antara Indonesia – Australia karena posisi beliau sebelumnya adalah sebagai Paban Hublu di Mabes TNI AU. “Saya banyak belajar dari pola kerja dan semangat Pak Koko, bagaimana membina hubungan di semua lini sehingga kerjasama militer kedua negara semakin kokoh dan meningkat “ ucap Marsma Wieko.

03 Sertijab Athan RI 2013

Kontributor Berita: Atase Angkatan Laut RI untuk Canberra – Kolonel Didik Kurniawan

Leave a Reply

*