Pre-departure Briefing untuk Penerima DCSP 2014Tweet

01 Pre departure Program DCSP 2014
JAKARTA- Pada 12 Desember 2013, empat orang perwira TNI peraih Defence Scholarship Cooperation Program 2014 (DCSP 2014) menghadiri kegiatan pre-departure briefing di Kedubes Australia. Keempat perwira tersebut adalah Mayor Haridinuto dari  TNI AU dan Kapten Irianto Kurniawan dari  TNI AL yang akan mempelajari Master of Strategic Studies di Australian National University; Kapten Yosep Purba dari  TNI AU yang akan mempelajari Master of Aviation Management di Griffiths University; dan Kapten Amaraldo Cornelius dari TNI AD yang akan mempelajari Master of Policing, Intelligence and Counter Terrorism di  Macquarie University. Kegiatan pre-departure briefing ini juga dihadiri oleh Brigadier John Gould selaku Atase Pertahanan Australia, Mr Kieran O’Leary selaku Konselor Athan Australia, istri dari keempat perwira TNI, dan kolega dari PT Austraining Nusantara selaku kontraktor yang ditunjuk oleh Kemhan Australia dalam menjalankan kegiatan operasional DCSP.

Kegiatan pre-departure briefing dibuka oleh Brigadier John Gould selaku Atase Pertahanan Australia yang memberikan selamat kepada keempat perwira TNI dalam keberhasilannya meraih DCSP 2014 dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Australia. Brigadier John Gould menekankan kepada para penerima DCSP 2014 bahwa pendidikan merupakan salah satu fokus utama kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Australia. Program Defence Cooperation Scholarhip telah ditawarkan oleh pemerintah Australia sejak tahun 1998 dan terus berlanjut hingga saat ini. Lebih dari ratusan perwira TNI telah mengenyam pendidikan strata dua di Australia dalam rangakaian DCSP dengan durasi satu hingga dua tahun. Pengalaman belajar ini tidak hanya memberikan pengetahuan akademik namun juga pengenalan budaya Australia yang lebih mendalam bagi para perwira TNI dan keluarga. Sekembalinya dari Australia, diharapkan para alumni DCSP mampu memberikan kontribusi kepada satuan dimana mereka bertugas dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama bersekolah di Australia.

02 Pre departure Program DCSP 2014

Kegiatan pada siang itu kemudian dilanjutkan dengan briefing dari PT Austraining Nusantara untuk memperlengkapi para penerima  DCSP 2014 sebelum memulai pendidikan dan tinggal di Australia. Briefing yang informatif tersebut juga dengan disertai  dengan diskusi yang interaktif. Pada akhir acara, Mayor Ratih Pusparini dari TNI AU selaku alumni DCSP membagikan pengalamannya selama belajar di Monash University.

Keempat penerima DCSP 2014 ini dijadwalkan akan berangkat ke DITC Melbourne pada tanggal 3 Januari 2014 untuk mengikuti Defence Familiarization Scholarship sebelum berangkat ke masing-masing kota tujuan belajar. Semoga berhasil!