Pakar Kapal Selam Bertemu di Sela-Sela Latgab KOMODO 2014Tweet

 
01 Submarine Ex Komodo 2014

BATAM, 28-29 Maret – Direktur Jenderal Kapal Selam Angkatan Laut Australia, Laksma Peter Scott, berkunjung ke Batam dalam rangka mewakili Kepala Angkatan Laut Australia, Laksdya Ray Griggs, pada acara-acara pembukaan resmi Latihan Gabungan ‘Komodo 2014’.

Dalam interaksi Laksma Scott dengan  Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Laksamana TNI Dr. Marsetio, kedua pati ini sempat bernostalgia sedikit  mengenai kunjungan Pak Marsetio ke Darwin pada bulan Agustus 2010, dimana Pak Marsetio (saat itu berpangkat Laksda) berlayar dalam HMAS COLLINS, salah satu dari enam kapal selam Kelas ‘Collins’ yang dimiliki AL Australia.  Kunjungan tahun 2010 tersebut merupakan bagian dari kunjungan yang lebih luas yang dilakukan oleh Laksamana TNI Marsetio ke Australia sewaktu beliau menjabat sebagai Komandan Armada Barat – untuk menyaksikan beberapa kegiatan dari Latihan Bersama ‘Kakadu’. Kunjungan Pak Marsetio ke HMAS COLLINS termasuk menyaksikan pemasangan lencana kualifikasi kepada pengemudi kapal selam Angkatan Laut Australia ‘dolphins’ dan penyelaman HMAS COLLINS.  Pak Marsetio sendiri sempat berjam-jam dalam COLLINS serta ikut menyelam dalam keadaan operasional maka turut diberikan brevet ‘lumba-lumba’ AL Australia—suatu lambang yang amat berarti dan sangat jarang diberikan kepada orang dari negara mana saja.

 
02 Submarine Ex Komodo 2014

Di masa lalu personil TNI-AL sempat turut serta dalam beberapa program pelatihan penyelamatan diri kapal selam Angkatan Laut di Australia. Pengaktualisasian kembali TNI-AL dalam pelatihan ini sempat tertunda akhir tahun 2013 saat keikutsertaan TNI AL dalam EX BLACK CARRILION dihentikan terkait masalah hubungan bilateral dua Negara kita, tetapi diharpakan akan dibahas kembali dalam pertemuan bilateral Navy-To-Navy Talks nanti tahun ini. 

 
03 Submarine Ex Komodo 2014