Panglima TNI Bersilaturahmi ke Canberra, Menghadiri Sertijab CDF AustraliaTweet

01 Sertijab CDF Australia 2014

CANBERRA -  29-30 Juni, Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko beserta Asintel Panglima Laksda TNI Amri Husaini dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Suselo berkunjung ke Canberra dalam rangka menghadiri acara sertijab Chief of Australian Defence Force (CDF) dari Jenderal David Hurley kepada Marsekal Mark Binskin, yang resmi dilaksanakan pada Senin, 30 Juni.

Kehadiran Jenderal Moeldoko sangat dihargai Pak David, Pak Mark, serta perwira tinggi Australia yang lain yang sempat bertatap muka bersama Pak Moeldoko di Rusell Offices pada hari itu. Pak Moeldoko menggarisbawahi bahwa kehadirannya adalah bentuk pembuktian akan berlangsungnya hubungan bilateral bidang militer walau beberapa aspek daripada kerma kita sedang ditunda terkait keputusan politik dalam merespon tuduhan Snowden tahun lalu. ‘Keputusan para pemimpin politik memang harus dihormati dan diterapkan dengan baik-baik, namun kita tetap mempunyai sebuah hubungan maka penting juga kedua bangsa kita melihat bahwa masih ada komunikasi yang baik pada tingkat Panglima’ ujarnya saat makan malam bersama di kediaman Pak David.

03 Sertijab CDF Australia 2014

Selain menikmati makan malam bersama Pak David dan Pak Mark, Jenderal Moeldoko sempat berkunjung ke Markas Joint Operations Command (JOC) di Bungendore dimana beliau mendapatkan paparan dari Komandan JOC —Laksdya David Johnston—tentang fungsi, tugas dan kegiatan-kegiatan aktual JOC, termasuk sebuah update dari Wakil Komandan dari Border Protection Command (BPC) mengenai kegiatan-kegiatan BPC dan Operation Sovereign Borders (OSB) menghadapi tantangan penyelundupan manusia / manusia perahu ke Australia. Jenderal Moeldoko sempat tur di dalam gedung JOC dan meninjau infrastruktur kodal yang ada, termasuk Air Operations Centre dan lantai Current Operations . Dengan demikian, Jenderal Moeldoko merupakan Panglima TNI pertama yang meninjau secara langsung pusat kodal ADF yang serba modern tersebut. Laksdya Johnston juga menawarkan untuk membagi pelajaran-pelajaran pengalaman Australia dengan mendirikan sistem kodal opsgab kepada Jenderal Moeldoko dan TNI secara umum, mengingat TNI sedang mendirikan kembali sistem kogabwilhan.

Jenderal Moeldoko juga ikut serta dalam kunjungan resmi di kantor CDF bersama dengan Panglima Angkatan Bersenjata Selandia Baru, Letjen Tim Keating, yang kebetulan juga mengunjungi Canberra untuk menhadiri sertijab Hurley-Binskin. Diikuti kemudian dengan upacara kecil kenaikan pangkat Marsekal Binskin, dimana Jenderal Moeldoko tertarik melihat peran Ibu Gita Binskin saat Gita dan Pak David secara bersama menyematkan tanda pangkat bintang empat kepada pundak Pak Mark. Program kunjungan kemudian memuncak dengan parade sertijab di alun-alun ‘Blamey’, dimana pasukan protokol Federation Guard, flypast pesawat temput F-18A dan salut meriam 17 pucuk menghormati selesainya masa kepemimpinan Jenderal Hurley sekaligus menyambut mulainya periode Marsekal Binskin yang dicanangkan oleh Pemerintah Australia akan berlangsung selama empat tahun ke depan.  Walau suhu udara sangat dingin (8 derajat), dan rombongan Pak Moeldoko kebanyakannya sedang berpuasa, semangat Panglima dan timnya sangat diapresiasi oleh para hadirin.

02 Sertijab CDF Australia 2014

IKAHAN memberikan hormat dan selamat sebesar-besarnya kepada Jenderal David Hurley, dan mengucapkan sukses selalu dengan jabatan baru sebagai Gubernur di negara bagian NSW. IKAHAN juga menantikan kunjungan resmi pertama oleh Marsekal Binskin, dimana Jenderal Moeldoko telah menyarankan bahwa lebih cepat lebih baik demi kemajuan hubungan bilateral bidang pertahanan Indonesia-Australia.

04 Sertijab CDF Australia 2014