SASR dan Satuan 81 KOPASSUS Bertukar Pengalaman Melalui Kegiatan ‘CT Subject Matter Expert Exchange’Tweet

01 SMEE 2014
BATUJAJAR -  Pada tanggal 12 Agustus kontinjen dari SASR berkumpul dengan para kawannya dari Satuan 81 KOPASSUS untuk melaksanakan kegiatan ‘CT Subject Matter Expert Exchange (SMEE)’ di PUSDIKPASSUS, Batujajar.  Kegiatan ini telah disetujui oleh KASAD Jenderal TNI Budiman dan Australian Chief of Army, Letjen David Morrison pada awal bulan April 2014 melalui teleconference Jakarta - Canberra, sebagai pengganti sementara untuk latma tahunan DAWN KOMODO.

SMEE merupakan kegiatan praktis yang pertama antara Special Operations Command Australia (SOCOMD) dan KOPASSUS sejak bulan November 2013 akibat penundaan beberapa bentuk kermamil terkait tuduhan Snowden.  Walaupun latihan  tersebut tidak diperbolehkan untuk dilaksanakan, SMEE ini memberikan jalur dan platform untuk menjaga hubungan erat antara SOCOMD dan KOPASSUS.  Delapan anggota SASR dan sepuluh anggota Satuan 81 bertukar pengalaman melalui presentasi dan diskusi tentang ketrampilan dan kemampuan gultor masing-masing. 

02 SMEE 2014

Selama empat hari, kedua kontinjen memberikan presentasi tentang ketrampilan, kemampuan dan pengalaman gultor, cara tembak jarak dekat, cara tembak jarak jauh (sniping), cara tembak dari helicopter (helo sniping), taktik gultor maritim dan lain lain. Kedua kontinjen juga melaksanakan aktifitas latihan fisik (PT), olah raga dan juga kegiatan sosial bersama. Hal ini menghasilkan semakin eratnya hubungan antara semua peserta.

03 SMEE 2014

Pada tanggal 14 Agustus, CT SME Exchange mendapatkan kunjungan oleh Commander Special Operations Command (SOCAUST) Brigjen Dan McDaniel, ASOPS KOPASSUS Kolonel Maruli, DANSAT Satuan 81 Letkol Taufiq Shobri dan Atase Angkatan Darat Australia Kolonel Justin Roocke. SOCAUST mengunjungi PUSDIKPASSUS guna melihat langsung kegiatan peserta SMEE tersebut sekaligus untuk bertemu dengan kontinjen dari SASR dan Satuan 81 KOPASSUS. 

04 SMEE 2014

Semua peserta setuju bahwa CT SMEE antara SASR dan Satuan 81 seperti ini walaupun sederhana namun memberikan kesempatan yang sangat baik dan efisien untuk saling memberikan update dan mengembangkan hubungan antara kedua anggota Satuan Gultor tersebut.  Sehingga SOCOMD kini memberi respon balik dengan mengundang 15 anggota dari Satuan 81 untuk menghadiri CT SME Exchange berikutnya yang akan dilaksanakan di Swanbourne, Australia pada bulan September 2014.

05 SMEE 2014

Semoga kegiatan antara SOCOMD dan KOPASSUS dapat terus dilaksanakan, tetap dinamis dan aktual, agar hubungan bilateral antara kedua militer gultor kita dapat dijaga sebaik mungkin.  Jika kelak ada peristiwa dimana pembajakan kapal atau pesawat terjadi, mungkin juga persahabatan ini dapat dijadikan landasan untuk ops penyelamatan bersama, dan dengan adanya saling berbagi dengan bersama maka diharapkan hal ini dapat membantu menjaga respons gultor yang prima dimasing-masing negara.