SOCAUST Mengunjungi Kawan - Kawan di Indonesia Tweet

 
01 SOCAUST Visit 2014
INDONESIA - Commander Special Operations Command Australia (SOCAUST) Brigadier Dan McDaniel mengujungi Indonesia selama empat hari pada bulan Augustus 2014. Kunjungan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan CT Subject Matter Expert Exchange (SMEE) antara SASR dan Satuan 81 Kopassus di Pusdikpassus.

Selama empat hari ini, SOCAUST bertemu dengan Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, Dansat Denjaka Kolonel Marinir Nur Alamsyah dan Danpusdikpassus Kolonel Iwan Setiawan. SOCAUST juga mengunjungi kedua kontinjen yang melaksanakan kegiatan CT SMEE di Batujajar.

Pada saat SOCAUST berkunjung ke Marko Kopassus, beliau menerima sambutan hangat dari Danjen Kopassus dan para staf.  Disana, SOCAUST membahas pentingnya hubungan antara SOCOMD dan Kopassus. Danjen setuju bahwa hubungan erat ini harus dibina terus menerus. Mereka juga membahas kerjasama di masa depan dalam mengatasi ancaman yang dihadapi kedua negara kita. Sebelum pertemuan selesai SOCAUST mengundang Danjen untuk berkunjung ke Perth pada bulan September bersamaan saat kontinjen Satuan 81 akan berkunjung ke Swanbourne untuk CT SMEE dengan SASR.

 
02 SOCAUST Visit 2014

SOCAUST lalu mengunjungi Marko DENJAKA yang disambut hangat oleh Dansat Denjaka beserta para staf. SOCAUST menyampaikan harapannya untuk mempererat hubungan antara Satuan Gultor dari SOCOMD dengan DENJAKA. Ini adalah tindak lanjut dari pertemuan antara Wakil SOCAUST dan Dansat Denjaka saat ASEAN Defence Ministers Meeting plus CT Expert Working Group (ADMM+ CT EWG) pada September tahun 2013, dan sesuai instruksi para Menhan Indonesia - Australia dari pertemuan tahunannya di Perth bulan July 2013.Semoga Dansat Denjaka memiliki kesempatan untuk mengunjungi satuan gultor di Australia sebelum akhir tahun 2014.

 
03 SOCAUST Visit 2014

Pada hari berikutnya, SOCAUST berkunjung ke Pusdikpassus di Batujajar untuk bertemu dengan kedua kontinjen CT SMEE dan Pusdikpassus.  Saat kedatangan di Batujajar, SOCAUST bertemu dengan Danpusdik dan membahas mengenai hubungan erat antara SOCOMD dan Kopassus, perjalanan hubungan sampai sekarang, kemudian membahas ide-ide untuk dapat dikembangkan di masa depan. SOCAUST juga menyampaikan pentingnya Pusdikpassus sebagai tempat diadakannya latihan bersama di Batujajar. Pertemuan dilanjutkan dengan makan siang bersama kedua kontinjen dari CT SMEE. Usai makan siang, SOCAUST diantar berkeliling melihat fasilitas-fasilitas yang terdapat di sekolah militer Pusdikpassus serta mendapatkan presentasi dan diskusi dari CT SMEE.

 
04 SOCAUST Visit 2014

Kunjungan SOCAUST merupakan kegiatan rutin, seperti halnya kunjungan Danjen Kopassus ke Australia, sehingga memberikan kesempatan untuk kedua pemimpin pasukan elit kita secara aktif bertemu paling sedikit dua kali setiap tahun agar dapat memimpin secara langsung jalannya kermamil gultor. Semoga hubungan tersebut dapat diperluas sehingga kawan-kawan kita di Denjaka, Den Bravo, SOER dan 2 Cdo Regt juga dapat mengambil peran serta. Dengan demikian, diharapkan kita sebagai tetangga terdekat dapat terus saling bekerjasama dalam menghadapi ancaman-ancaman gultor yang cukup nyata di dua negara kita terutama di kawasan secara lebih umum.