Kapal Patroli HMAS MAITLAND Singgah di Bali Tweet

01 HMAS Maitland 2014
BALI – HMAS Maitland, kapal patroli kelas Armidale milik Angkatan Laut Australia (RAN) terlihat bersandar di Bali pada 7 September 2014.  Kapal dengan nomor umbul 88, dibawah komando Mayor Michael Miller mengunjungi Bali untuk keperluan logistik dan rekreasi hingga 10 September 2014.  HMAS Maitland merupakan kapal Angkatan Laut Australia yang ke-enam untuk mengunjungi Indonesia tahun ini, menyusul HMAS Pirie (dibawah komando Letkol Chris Galloway, nomor umbul 87) saat berpartisipasi di acara Sail Raja Ampat dan International Fleet Review Indonesia di Sorong dan Waisai selama 20-24 Agustus. 

Pada 8 September, Letkol Miller menjamu makan siang diatas kapal Maitland untuk Komandan Lanal Denpasar - Kolonel Laut Julius Widjojono dan Staf Intel – Mayor Laut Arsyam.  Koki kapal yang berbakat, menghidangkan menu yang begitu menggiurkan dan sangat dinikmati oleh para tamu Maitland.  Saat jamuan tersebut, Kolonel Julius menyatakan dukungannya untuk membantu kapal Angkatan Laut saat berkunjung ke Bali dan Indonesia secara luas, beliau berharap akan terdapat jumlah kunjungan serupa yang lebih banyak dalam waktu dekat, mengingat kapal AL Australia biasanya berkunjung ke Indonesia (transit atau tugas kerma bilateral) sebanyak 20-30 kali setiap tahun, terkait posisi lintang Indonesia.

02 HMAS Maitland 2014

Usai jamuan, Mayor Miller memberikan tur keliling kapal dan menjelaskan keadaan multi-awak per kapal; yaitu dengan tiga tim awak kapal untuk setiap dua kapal; hal ini disampaikan oleh Kolonel Julius merupakan sistem yang kurang lebih sama yang diterapkan oleh TNI-AL untuk perawakan kapal-kapal kecil. 

03 HMAS Maitland 2014

Kunjungan logistik serta rekreasi seperti ini memberikan peluang lebih banyak untuk memperkuat hubungan bilateral Angkatan Laut Indonesia dan Australia.  Hal ini terlihat saat sambutan kedatangan kapal yang menghadirkan tarian tradisional untuk Komandan dan awak HMAS Maitland oleh anggota TNI-AL bersama dengan orchestra gamelan dan penari setempat. 

04 HMAS Maitland 2014

Seperti biasa, Angkatan Laut Australia mendapatkan bantuan yang luar biasa dari para anggota TNI-AL, pejabat di pelabuhan dan penyedia logistik setempat melalui PT Trias.  Bantuan yang diberikan termasuk pengamanan kapal dan bantuan untuk logistik dan administratif. Mayor Miller dan awak HMAS Maitland sangat menghargai dukungan TNI-AL yang memberikan mereka kesempatan untuk mengunjungi Bali dan beristirahat sejenak dari tugas mereka yang tiada henti dalam misi melindungi kepentingan daerah maritim Australia dan wilayah secara lebih luas. 

Australia dan Indonesia terus berkomitmen untuk menjaga lingkungan regional dan maritim yang aman.  Kerjasama bilateral, seperti kegiatan diatas, menunjukkan kuatnya, matang serta eratnya hubungan bilateral Angkatan Laut dan menggaris-bawahi bahwa keamanan maritim adalah masalah regional terbaik jika ditangani secara bersama. 

06 HMAS Maitland 2014