Hubungan Bilateral Kembali Sibuk: Angkatan Darat Hadirkan Dua Program untuk PendidikanTweet

01 Army To Army Talk 2014

BALI – Dengan disepakatinya hasil rapat Army-to-Army Talks 2014 pada 15 Oktober 2014 pukul 1630 , masing-masing Kepala Delegasi, Mayjen TNI Nugroho Widyatomo dan Mayjen Gus Gilmore, tidak hanya sepakat bahwa hubungan bilateral Angkatan Darat Indonesia-Australia telah kembali sibuk, tetapi juga turut serta mengaktifkan kegiatan bilateral 2015 yang diharapkan lebih padat. 

Peningkatan jumlah kegiatan bilateral Angkatan Darat mencakup peningkatan jumlah personil yang akan dilibatkan dalam kegiatan pertukaran personil Latma Kartikaburra, Latma Penanggulangan Bencana perdana dan menyelenggarakan kembali Latma Infanteri Mekanis / Motoris yaitu Latma Rhino Ausindo.  

02 Army To Army Talk 2014

Namun, dua kegiatan yang sangat diharapkan dan dinantikan adalah kegiatan yang direncanakan akan terlaksana kelak tahun 2016.  Kegiatan pertama, yang telah disepakati bersama, yaitu penawaran Angkatan Darat Australia untuk dua posisi bagi taruna TNI-AD di Australian Defence Force Academy (ADFA) di Canberra.  Kedua taruna TNI-AD yang akan dipilih mengikuti pelajaran militer dan program akademis Sarjana 1 di ADFA selama empat tahun, yang diharapkan lulus pada tahun 2020.

Selain itu, TNI-AD juga telah menerima tawaran dari Angkatan Darat Australia untuk program penempatan seorang perwira muda TNI-AD pada satuan Angkatan Darat Australia selama tiga bulan.  Kegiatan tersebut akan dimulai pada tahun 2016, dimana kandidat yang terpilih akan memiliki tanggung jawab dan kewenangan yang sama dengan perwira muda Angkatan Darat Australia dalam satuan dimana dia akan ditempatkan. 

03 Army To Army Talk 2014

Army-to-Army Talks 2014 diselenggarakan selama tiga hari terhitung sejak 13 Oktober di Pulau Dewata, Bali. Acara berlangsung dalam suasana hangat dan ramah namun terarah dalam mencari opsi-opsi yang tepat untuk memajukan hubungan militer matra darat kedua negara bersahabat kita.

Selain menjalankan pertemuan dan diskusi hubungan bilateral, kontinjen Australia juga mendapatkan kesempatan untuk melihat indahnya serta megahnya pemandangan dan budaya di Bali.  Mayjen Gilmore beserta rombongan berkunjung ke lokasi wisata di Bali, seperti Ubud, Candi Tanah Lot dan Uluwatu serta Museum Negeri Propinsi Bali. 

04 Army To Army Talk 2014

Pada kesempatan tersebut, delegasi Australia juga berkunjung ke Kodam IX/Udayana untuk memperkenalkan diri karena kegiatan Army-To-Army Talk kali ini menggunakan sebuah venue di wilayah Kodam IX/Udayana.  Para delegasi disambut dengan hangat oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Ruslian Hariadi.  Brigjen Ruslian memberikan paparan kepada Mayjen Gilmore tentang struktur dan tugas pokok Kodam IX/Udayana

Akrabnya dan hangatnya hubungan bilateral Angkatan Darat Indonesia dan Australia terlihat secara jelas pada  acara makan malam resmi Army–to–Army Talks 2014.  Acara tersebut dimeriahkan dengan karaoke bersama seluruh anggota delegasi Australia yang menyanyikan lagu-lagu Barat dan Indonesia. 

05 Army To Army Talk 2014