Latma Kartikaburra 2014 - Rombongan Australia jadi fitur sementara di CilodongTweet

01 Latma Kartikaburra 2014

JAWA BARAT - Latihan Bersama Kartikaburra 2014 merupakan bagian penting dari hubungan bilateral militer antara Angkatan Darat Australia dan TNI-AD, meningat juga latma tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 1997an.  Latma ini adalah program pertukaran yang dilakukan setiap tahun, dengan para pesertanya dipilih dari kesatuan-kesatuan yang pada umumnya terlibat secara langsung dengan kermamil Indonesia-Australia, agar pengalaman dan kenalan yang muncul dapat dijadikan momentum demi kemajuan kermamil tsb ke depan.  Seperti anggota IKAHAN pasti telah ketahui, jika personil militer kita pernah saling expos maka kermamil menjadi lebih gampang serta canggih, dilandasi saling pengertian maupun empati yang tinggi.

Untuk tahun ini, terdapat sepuluh anggota dari seluruh Brigade 1 Australia (Darwin dan Adelaide) yang turut berpartisipasi dalam latihan bersama tersebut di Indonesia selama 2 hingga 22 November. Selama latihan, rombongan Australia bergabung dengan Divisi Infanteri 1 Kostard dan menetap di Batalyon Infanteri Lintas Udara 328.

02 Latma Kartikaburra 2014

Sepanjang latihan tersebut, rombongan Australia berpartisipasi dalam berbagai kegiatan militer termasuk pelatihan rintangan, penggunaan senjata dan latihan tembak serta pelatihan fisik bersama Yonif Linud 328 dan Divisi Infanteri 1 Kostrad.  Rombongan Australia juga diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke berbagai pangkalan militer yang terdapat di Jawa Barat, termasuk Markas Divisi 1, Markas Brigade 17 dan Kavaleri, Bataliyon Artileri Medan, Artileri Pertahanan Udara dan Lintas Udara. 

03 Latma Kartikaburra 2014

Kegiatan yang dilakukan selama Latma Kartikaburra 2014 memberikan banyak kesempatan bagi tim Australia untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dan mempelajari perbedaan dan kelebihan dari peralatan dan teknik pelatihan yang terdapat selama latma dan kesempatan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur dan kemampuan TNI-AD.  Inti dari latihan bersama tersebut adalah partisipasi dalam Latma Kartikaburra 2014 memberikan peluang bagi anggota rombongan Australia untuk berinteraksi dengan perwira dan prajurit TNI-AD serta mendapatkan pengalaman rutinitas harian di Batalyon dan membina hubungan profesional yang baru dengan anggota TNI-AD. Kontijen Australia mengagumi keramahan yang ditunjukan oleh anggota TNI-AD selama Latma Kartikaburra 2014 dan mereka berharap dapat melanjutkan kerjasama bersama TNI-AD di masa depan. 

04 Latma Kartikaburra 2014
Anggota Kontinjen Australia adalah:   CAPT Vikki Richardson, 1 Armd Regt, RAEME LT Tom Patterson, 1 Armd Regt, RAAC LTLachlanMcDonald, 8/12 Regt, RAA SGT Craig Maher, HQ 1 Bde, RAInf SGT Richard Bilton, 2 Cav Regt, RAEME SGT Mark Blundell, 8/12 Regt, RAA CPL Paul Slaviero, 5 RAR, RAInf CPL Daniel Bozza, 1 Armd Regt, RAAC CPL Mesulame Titifanua, 7 RAR, RAInf LCPL Dean Franks, 7 RAR, RAInf