Wisuda Kelulusan Siswa Capability and Technology Management Tahun 2014 Tweet

01 Wisuda CTMC 2014

CANBERRA -  Dua perwira TNI, Letkol Laut (E) Teguh Rumiyarto dan Mayor Lek Ahmad Mustofa menerima gelar Master of Capability Management (M.Cap.Mgt) dari University of New South Wales (UNSW) ADFA, Canberra pada 10 Desember. Kedua perwira tersebut juga berhak mendapat Post Nominal CTM, atau Capability and Technology Manager sebagai tanda kelulusan dari Capability and Technology Management College (CTMC), dalam wisuda kali ini dihadiri pula oleh Atase Laut Indonesia Kolonel Laut (P) Didik Kurniawan, MSi.

The Capability and Technology Management College (CTMC) merupakan lembaga pendidikan bagi level perwira berpangkat Kapten sampai dengan Letnan Kolonel. Lembaga ini  menyelenggarakan pendidikan bagi para calon Project Manager dan Project Leader bagi penyiapan kemampuan dan teknologi pertahanan di lingkup Australian Defence Force (ADF) baik dalam proses analisa kebutuhan, perencanaan yang melibatkan  delapan komponen Fundamental Input to Capability (FIC), proses pengadaan, test and evaluation, sustainment hingga disposal.

02 Wisuda CTMC 2014

Seluruh siswa CTMC secara langsung terdaftar sebagai siswa program post graduate coursework Capability Management UNSW di ADFA dan setelah menyelesaikan seluruh program berhak atas gelar Master of Capability Management. Pada upacara wisuda UNSW yang diselenggarakan di ADFA Gym-annex, Chancellor mengucapkan selamat atas kerja keras dan dedikasi dalam menempuh pendidikan dan berharap agar kesederhanaan dan kerja keras tetap menjadi bagian dalam keseharian alumni UNSW.

03 Wisuda CTMC 2014

Pada upacara wisuda CTMC yang bertempat di ADFA Lecturer Theatre North, para lulusan mendapat CTMC sertifikat dan berhak menyandang post nominal CTM yang diserahkan langsung oleh para pejabat ADF dari tiap matra. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Wakil Panglima Australia, KASAL Australia, Kepala Moderanisasi dan Rencana Strategis – Angkatan Darat, Kepala Grup Kemampuan Pengembangan dan Komandan ADFA. Selain sertifikat, diserahkan pula beberapa penghargaan seperti Brigadier Boyle Award bagi kemampuan staf militer terbaik yang diraih oleh Mayor Drew, UNSW Award bagi nilai akademik tertinggi kepada Letkol Laut Dane, HMSP-A Award serta Student of Merit Award bagi peraih nilai terbaik secara keseluruhan yang diraih Mayor Joel Saunders.

04 Wisuda CTMC 2014

Kesempatan belajar di CTMC merupakan sebagian dari Defence Cooperation Program (DCP), dimana Australia menyediakan kursi di CTMC serta mendanai seluruh biaya pendidikan dan beberapa aspek biaya kehidupan sehari-hari. Kerjasama ini bertujuan untuk turut mendukung dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam bidang pengadaan alat peralatan hankam, sesuai dengan persetujuan bersama Indonesia-Australia dalam Indonesia-Australia Defence Strategic Dialogue (IADSD), dimana Australia merupakan salah satu mitra kerjasama teknis bagi Kemhan dan TNI.  Diharapkan ke depan, lulusan CTMC dapat memberikan kontribusi kepada Baranahan Kemhan, staf logistik angkatan, ataupun ikut membantu dalam kegiatan diklat pengadaan alat peralatan hankam di Pusdiklat Tekfunghan misalnya.

(Penulis : Atase Laut Indonesia untuk Australia, Kolonel Laut (P) Didik Kurniawan, MSi)