Wisuda Kelulusan Siswa CDSS dan ACSC Tahun 2014Tweet

01 Wisuda CDSS dan ACSC 2014

CANBERRA -  Pada 2 Desember bertempat di Kampus Australian Defence College, Weston Creek dilaksanakan Wisuda dan Upacara kelulusan siswa Defence Strategic Studies Course (DSSC), tiga Perwira TNI yang diwisuda pada tahun ini adalah:

1) Kol Inf Kup Yanto Stiono, MA

2) Kol Laut (P) R. Teguh Isgunanto, MSc

3) Kol PNB Fadjar Prasetyo

The Centre for Defence and Strategic Studies (CDSS) merupakan lembaga pendidikan tertinggi di lingkungan Australian Defence College. Lembaga pendidikan ini  menyelenggarakan kursus bagi para calon pimpinan nasional dari kalangan sipil, militer maupun kepolisian baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. CDSS menyelenggarakan program-program yang berkaitan dengan kebijakan strategis pertahanan dan perencanaan, kepemimpinan dan manajemen, dan isu-isu penting keamanan global, regional dan nasional. Disamping itu, CDSS bertanggung jawab untuk menyiapkan para peserta pendidikan baik dari Australia maupun siswa manca negara dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja pada level strategis maupun nasional yang kompleks dan modern.

02 Wisuda CDSS dan ACSC 2014

CDSS menyelenggarakan Defence Strategic Studies Course (DSSC) yang setingkat dengan pendidikan reguler yang diselenggarakan oleh Lemhanas RI. Pendidikan berlangsung selama 12 bulan yang dimulai pada pertengahan Januari dan berakhir pada awal Desember setiap tahunnya.

Siswa TNI alumni DSSC 2014 ini mendapat sertifikat kelulusan bidang strategi pertahanan (Graduate Diploma of Defence Strategic Studies) dan mendapatkan sertifikat pengakuan sebagai alumni DSSC (fellow of the centre of defence and strategic studies) serta Performance Report Siswa TNI dan Sertifikat Kelulusan. Khusus Kolonel PNB Fadjar Prasetyo, beliau mengambil Program Master dan yaitu Master of Politics and Policy (MPP).

03 Wisuda CDSS dan ACSC 2014

Pada medio tahun ini pula TNI AL telah mengirimkan Directing Staff untuk DSSC yaitu Kolonel Laut (P) Gig JM Sipasulta

Sementara untuk Perwira TNI yang melaksanakan pendidikan ACSC (Australian Command and Staff College) sebanyak tiga perwira melaksanakan wisuda dan upacara kelulusan pada 8 Desember bertempat di Lynewell Hall - Kampus ANU, Canberra.  Ketiga Perwira TNI tersebut, adalah:

1)  Mayor Arh Camas Prasetyo 2) Mayor Laut (P) Lewis Nainggolan 3) Mayor Pnb HM Kisha 
04 Wisuda CDSS dan ACSC 2014

Beberapa pejabat Australian Defence Force yang mewakili tiga matra juga turut hadir dalam acara wisuda tersebut.  Seluruh siswa yang telah menempuh Program ACSC (J) mendapatkan gelar Passed Command and Staff (Joint)/ PSC (J) serta bagi siswa yang memenuhi persyaratan nilai mendapat gelar Master of Military and Defence Studies (MMDS) dari The Australian National University.

Pada Desember tahun ini pula akan dilaksanakan serah terima DS dari TNI AD untuk ACSC yaitu dari Letkol Inf David Hutagaol  kepada Letkol Inf Jatmiko

Sebelum pelaksanaan wisuda, bertempat di Ruang Rapat KBRI Canberra, pada 1 Desember seluruh Perwira TNI yang sedang mengikuti Pendidikan di Canberra melaksanakan Temu Pamit dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia Bapak Nadjib Riphat Kesoema yang didampingi Atase Darat Kol Taufan Gestoro dan Atase Laut Kolonel Didik Kurniawan.

Bapak Duta Besar juga memberikan wejangan dan nasehat kepada para Perwira Siswa TNI tersebut agar sekembalinya menuntut ilmu di Australia ini senantiasa diterapkan dalam lingkup penugasan TNI  nantinya sehingga secara bersama-sama maju  membangun  dan memajukan bangsa dan Negara serta membina dan mempererat persahabatan Indonesia – Australia dimasa depan.

(Penulis : Atase Laut Indonesia untuk Australia, Kolonel Laut (P) Didik Kurniawan, MSi)