KOPASSUS Dan SOCOMD Tingkatkan Keahlian Military Free Fall Dalam Latma PEGASUS KOOKABURRATweet

01 Pegassus 2015
NOWRA - Enam anggota KOPASSUS melakukan perjalanan ke Australia dalam rangka untuk melaksanakan Latma PEGASUS KOOKABURRA di Parachute Training School (PTS).  PTS adalah Pusat Pendidikan Terjun Payung atau Military Free Fall (MFF) dimana PTS adalah bagian dari Special Operations Command Australia (SOCOMD). Kegiatan ini diselenggarakan atas persetujuan Inspektur Jenderal TNI-AD, Mayjen Nugroho Widyotomo dan WAKASAD Australia, Mayjen Peter ‘Gus’ Gilmore saat Army-to-Army Staff Talks yang diadakan di Bali pada tanggal 13 hingga 17 Oktober 2014.
Saat tiba di Bandara Sydney, kontinjen KOPASSUS dijemput oleh kawan lama dari PTS, Sersan Tony Muir yang pernah menjabat sebagai Counter Terrorism Liasion Officer (CTLO) di Jakarta, periode Maret - Oktober 2014.  Mereka lalu melakukan wisata budaya di kota Sydney sebelum melakukan perjalanan ke PTS di Kota Nowra, negara bagian New South Wales.  Beberapa lokasi wisata yang mereka kunjungi antara lain adalah Opera House dan Harbour Bridge.
02 Pegassus 2015
Kegiatan PEGASUS KOOKABURA merupakan kegiatan yang penting untuk hubungan counter-terrorism antara SOCOMD dan KOPASSUS.  Dalam kegiatan ini enam anggota KOPASSUS bertukar pengalaman keahlian MFF melalui presentasi, latihan ground training, latihan di Vertical Wind Tunnel (VWT) dan diskusi tentang keterampilan dan kemampuan gultor masing-masing.
04 Pegassus 2015
Selama lima hari, mereka mengikuti kegiatan latihan ground training dan persiapan untuk latihan MFF.  Namun, dikarenakan cuaca yang sangat buruk pada minggu tersebut, maka mereka tidak dapat melakukan terjun payung.  Walaupun demikian, mereka mendapatkan kesempatan untuk membahas taktik MFF dan meninjau perlengkapan MFF yang digunakan oleh Pasukan Khusus Australia.  Kontinjen Kopassus mendapatkan kesempatan untuk menggunakan fasilitas VWT, iFLY DOWNUNDER, yang terletak di Kota Sydney.  VWT tersebut sangat berguna bagi seseorang yang ingin meningkatkan keterampilan MFF.
03 Pegassus 2015
Selama di Australia, terdapat juga program untuk melaksanakan aktivitas sosial bersama seperti makan malam bersama Komandan (DANSAT) PTS bersama stafnya. Juga ada kesempatan untuk melihat satwa asli Australia, yaitu Kangaroo. Program sosial ini terbukti mempererat hubungan antara semua peserta secara pribadi.  Kegiatan PEGASUS KOOKABURRA antara PTS dan KOPASSUS merupakan kesempatan yang sangat berguna untuk mengembangkan hubungan antara anggota kedua Satuan Pasukan Khusus tersebut.  Anggota PTS mengutarakan harapan besar untuk dapat mengunjungi PUSDIKPASSUS pada akhir tahun 2015 untuk menghadiri Latma berikutnya yang direncanakan akan diselenggarakan di Batujajar, Indonesia. 
05 Pegassus 2015