Latma Rhino Ausindo 2015 - Kemitraan dan Kerjasama yang Erat Tweet

01 Latma Rhino Ausindo 2015

CILODONG – Latihan Rhino Ausindo 2015 (RA15) telah diselenggarakan dengan lancar dan penuh persahabatan pada tanggal 9-19 Maret di Yonif Linud 328/Dirgahayu (Kostrad Divisi I) di Cilodong.  RA15 melibatkan 30 anggota Kostrad (baik dari Divisi I dan II) dan 6 pelatih dari 7th Battalion, The Royal Australian Regiment (7 RAR), dan bertujuan melaksanakan sharing taktik-taktik infanteri mekanis dengan Kostrad serta ikut memelihara hubungan baik di antara Angkatan Darat Australia dan Indonesia.

Upacara Pembukaan dilaksanakan pada 10 Maret dan dipimpin oleh Inspektor Upacara Panglima Divisi Infanteri I - Kostrad, Brigjen Lodewyk Pusung.  Angkatan Darat Australia diwakili secara resmi oleh Atase Angkatan Darat Kol Justin Roocke. Pada kesempatan itu, Brigjen Pusung menyambut dengan hangat semua peserta dan pelatih sambil menyoroti pentingnya mereka bekerja keras dan bekerjasama untuk saling membagi pengalaman dan kemampuan masing-masing di dalam bidang infanteri mekanis. 
02 Latma Rhino Ausindo 2015
RA15 terdiri dari serangkaian pelajaran teori yang diberikan di ruang kelas (minggu pertama) dan pelatihan praktek di lapangan Yonif Linud 328 (mingu kedua).  Secara umumnya, latihan terfokus kepada bagaimana Angkatan Darat Australia bergerak taktis dengan Kendaraan Tempur Infanteri/Lapis Baja.  Di antara lain, mata pelajaraan terdiri dari navigasi, keselamatan, kamuflase dan penyamaran, identifikasi bahan peladak, cara bergerak, tempat bersembunyi, dan pembekalan kembali secara taktis.
03 Latma Rhino Ausindo 2015
Para perserta RA15 (yang terdiri dari perwira dan bintara) beranekaragam latar belakang dan korps, termasuk infanteri, armor, zeni, artileri, arhanud dan pembekalan. Menurut pelatih Australia, kombinasi korps dan pengalaman tersebut bermanfaat besar dari aspek Combined Arms Training.  Semua peserta dengan begitu cepat mampu menyerapkan pelajaran-pelajaran  taktis yang agak rumit dan kompleks. Pelajaran tersebut lalu mereka terapkan dengan teliti di lapangan selama tahap praktek berlangsung.  Para pelatih Australia sangat terkesan dengan kinerja peserta Kostrad yang sangat baik, menurut pemimpin delegasi Australia.
04 Latma Rhino Ausindo 2015
Pelatih Australia dan peserta Indonesia meningkatkan kemitraan dan persahabatan juga melalui kegiatan-kegiatan santai seperti main futsal, tenis meja, berenang, karaoke bersama dan berkunjung ke lokasi wisata budaya di Jakarta dan Cilodong. Kegiatan-kegiatan santai tersebut sangat dihargai dan tidak akan dilupakan oleh mereka.
05 Latma Rhino Ausindo 2015
Pada hari terakhir, RA15 secara resmi ditutup oleh Kepala Staf Divisi Infanteri I – Kostrad, Brigjen TNI Agus Rohman beserta Atase Pertahanan Australia, Brigjen John Gould, dimana—kebetulannya—kedua pati ini satu leteng dari Susreg 39 Seskoad TA 2001-02. Dalam upacara penutupan, Brigjen Rohman mengucapkan terima kasih kepada semua peserta dan pelatih dan berharap agar kerjasama yang telah berjalan dapat terus dipererat melalui latihan-latihan di masa depan. RA15 diakhiri dengan serangkaian pertunjukan dari Yonif Linud 328, yaitu atraksi drum band, demo bela diri, dan memuncak dengan serangan infanteri mekanis di lapangan.