Program Keluarga Asuh di Bandung-Lembang: Tetap Menghubungkan Pasis Mancanegara Dengan Budaya SetempatTweet

01 Keluarga Asuh BDG 2015
BANDUNG - Program Keluarga Asuh tahun 2015 dimulai pada malam Rabu 25 Maret 2015 di Amaroossa Hotel, Bandung, untuk para perwira siswa mancanegara Sekolah Staf dan Komando di Lembang dan Bandung, termasuk pasis-pasis Australia tahun ini yakni GPCAPT Stephen Cook, SQNLDR Ian Pak dan MAJ Nick Rose.   Dosen SESKO Letkol John Rowland dan WGCDR Andrew Rees dan keluarga tim Australia Janine Cook dan Anna Rowland juga hadir tentunya supaya mengalami keramah-tamahan ciri khas budaya Indonesia.

Malam dimulai dengan sambutan yang tulus dan hangat kepada semua pasi mancanegara oleh Ketua Keluarga Asuh untuk tahun 2015, Brigjen TNI (purnawirawan) DR H. Dedem Ruchlia, Drs, M.  Kami diingatkan oleh beliau tentang kearifan lokal Indonesia bahwa ‘kesan pertama adalah kesan terpenting’, dan upacara pembukaan Keluarga Asuh membuat kesan abadi dan menjadi pertanda baik untuk persahabatan selama pasis tinggal di Bandung-Lembang selama 2015 ini.

Sebagai fitur utama malam itu, kelompok pasismMancanegara diperkenalkan dengan Keluarga Asuh-nya masing-masing, lalu menikmati bersama makanan yang lezat, dan mengambil bagian dalam acara karaoke / naik panggung.   Upaya WGCDR Rees dalam menyanyi sedikit menyentuh hati para pedengar namun suaranya belum begitu ‘emas’.

Program Keluarga Asuh tersebut memiliki sejarah yang panjang serta membanggakan dalam membantu orientasi para pasis mancanegara di Bandung-Lembang sejak awal tahun 1990-an.  Keluarga asuh merupakan kesempatan yang baik untuk membuat kenangan serta lebih mengenal masyarakat dan budaya setempat bagi para pasis ditengah-tengah kesibukan belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan seremonial, kebugaran maupun sosial di Sesko-Sesko. Dengan demikian, Keluarga Asuh memberikan pasis mancanegara pengertian yang lebih luas tentang Indonesia yang sebenarnya selepas dari kampus militer.  Jadwal acara-acara tahun ini rupanya akan sangat menarik juga, dengan kunjungan yang direncanakan ke lokasi budaya di sekitar Bandung, termasuk resepsi dengan para pembesar Bandung.

02 Keluarga Asuh BDG 2015