Taruna Akademi AAU mengunjungi ADFATweet

01 Taruna AAU Visit Australia 2015

AUSTRALIA - Kunjungan Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) ke Australian Defence Force Academy (ADFA) dilaksanakan dari 27 April hingga 1 Mei 2015. Kunjungan tersebut diselenggarakan guna membekali taruna AAU dengan pengalaman kehidupan di ADFA dan Australia secara lebih luas, sekaligus memupuk persahabatan dengan taruna Australia.  Kunjungannya berjalan dengan sukses dengan melibatkan berbagai pengalaman menarik dan menyenangkan bagi taruna AAU.  Rombongan para pemimpin muda ini sebagai perwakilan TNI-AU bersikap sangat baik kepada staf dan taruna ADFA serta komunitas Australia secara lebih luas.  Harapan kami, mereka memperoleh pengalaman yang mengesankan serta selalu dikenang sepanjang karir mereka. 

Kunjungan ini melibatkan enam siswa dari kelas kedua dan ketiga, yakni Taruna Sakina Almasruri, Taruna Mega Coftiana, Taruna Dwi Annga, Taruna Muhammad Eka Pramudita, Taruna Himawan Ramadhan dan Taruna Faras Satya Wijaya.  Selama kunjungan ini para rombongan didampangi oleh Letkol Andrew Rees (yang notabene, dosen pertukaran RAAF di Seskoau Lembang), Mayor Edo Hartono dan Lettu Nurinara Wijiling.

Rombongan taruna mendapatkan sekilas pemahaman adanya perbedaan antara ADF dan TNI namun lebih banyak mendapatkan pemahaman adanya persamaan dalam rutinitas harian taruna dari kedua negara, Indonesia – Australia.  Terbentuknya pemahaman tersebut merupakan kesempatan untuk membangun hubungan antar-pribadi antara ADFA dan AAU bersama taruna mancanegara yang setara.

02 Taruna AAU Visit Australia 2015

Cuaca sempurna juga mendukung selama perjalanan widyawisata yang dimulai dengan menelusuri kota indah Sydney seperti Bondi Beach, Circular Quay, Opera House dan Taronga Zoo.  Saat berada di kota Canberra, rombongan taruna diperkenalkan dengan politik Australia saat mengunjungi Parliament House, kemudian dilanjutkan dengan tur ke Australian War Memorial yang dilakukan bertepatan dengan Perayaan ke-100 Tahun Gallipoli Landing.

03 Taruna AAU Visit Australia 2015

Dua hari yang berikutnya dihabiskan di ADFA dan merupakan bagian program yang paling berkesan untuk rombongan Taruna AAU.  Program kunjungan ini berjalan dengan sukses berkat bantuan yang luar biasa dari Kapten Andrew Spear yang telah mengkoordinasikan program dengan sangat baik di ADFA bersama sejumlah taruna ADFA (termasuk Taruna Mitchell Jensen, James Lowing, Harrison Caldwell dan Riley Sidoniu dan Letda Laut Natasha Pataki berikut sejumlah siswa Bahasa Indonesia) yang ikut mendampingi rombongan taruna AAU selama kunjungan berlangsung, membuka kesempatan terjalinnya interaksi yang akrabm, terbuka dan bermutu.   

04 Taruna AAU Visit Australia 2015

Para rombongan mendapatkan tur yang menyeluruh di dalam akademi, melakukan diskusi dengan taruna ADFA saat di asrama, berbaur dengan siswa Bahasa Indonesia dari Sekolah Ilmu Sastra saat makan siang, sebelum akhirnya meninjau ke ‘dunia design UAV’ yang sangat menarik, melakukan hypersonic flight testing dan simulation saat berada di Departemen Teknik dan IT.  Orientasi dengan kebiasaan ADFA sempat ditambah lagi melalui partisipasi dalam sesi Olah Raga, ikut serta dalam kuliah pelatihan militer serta mendaki Mount Pleasant.  

05 Taruna AAU Visit Australia 2015

Dan agar tim AAU sempat mendengar dari para jago hubungan bilateral TNI,  tim Athan KBRI Canberra mengundang mereka untuk acara makan malam, yang merupakan acara penutup dari program kunjungan taruna AAU.  Acara makan malam tersebut memberikan kesempatan untuk saling bertukar ide dan kesan antar anggota TNI yang sedang bertugas di Canberra.  

Para anggota ADF yang terlibat dalam program kunjungan ini telah berupaya sebaik mungkin untuk mempertunjukan sifat dan kemampuan ADF kepada tamu para taruna AAU selama kunjungannya.  Semoga para taruna AAU yang hebat ini sempat membangun hubungan seumur hidup dengan rekan-rekan mereka di ADF.