Dan Guskamlatim dan COMNORCOM Menutup Kegiatan Ausindo Corpat 2015 di DarwinTweet

01 Corpat Ausindo 2015

DARWIN - Berdasarkan Hasil dari High Level Committee TNI – ADF serta Navy to Navy Talks yang dilaksanakan pada akhir 2014, maka kegiatan Latihan TNI AL dan RAN mulai kembali  dilaksanakan,    Exercise Cassowary telah dilaksanakan di perairan Kupang pada tanggal 8 – 13 Juni 2015 kemudian dilanjutkan dengan Ausindo Corpat  pada tanggal 15 – 27 Juni 2015.  

Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan bersama dengan Komandan Northern Command Commodore Brenton Smyth menutup secara resmi Ausindo Corpat yang menurut CDRE Smyth berhasil dilaksanakan dengan baik, aman dan selamat bagi kedua pihak.  Laksma TNI Roberth juga menambahkan bahwa apa yang dihasilkan di lapangan oleh kedua belah pihak merupakan pelajaran yang sangat berharga dan menjadikan Lessons Learned  bagi  kedua Angkatan Laut agar kedepan lebih  dapat dikembangkan serta diharapkan hubungan keduanya  semakin meningkat.

02 Corpat Ausindo 2015

Unsur-unsur yang digelar pada pelaksanaan Latma Cassowary dan Ausindo Corpat adalah KRI Tombak, KRI Hiu, MPA CN-235, HMAS Glenelg, HMAS Maryborough dan MWV Aircraft.  Selama di Darwin, Unsur TNI AL bersandar di Dermaga Pangkalan RAN HMAS Connawara, sedangkan Pesawat CN-235 mendarat di RAAF Base, Darwin.  Sebelum pelaksanaaan Kaji Ulang dilaksanakan pula Olah raga bersama antara TNI AL dan RAN serta berbuka puasa bersama ala Australia yaitu BBQ ditepian pantai yang masih dalam lingkungan Lanal. Nampak sekali semangat dan keakraban yang terjalin dari seluruh prajurit meski masih tersisa rasa lelah karena Latihan dan Corpat yang dilaksanakan pada kondisi laut yang kurang bersahabat.

03 Corpat Ausindo 2015

Ibu Woro selaku Acting Konsul RI di Darwin menerima Courtesy Call Danguskamlatim, pada pertemuan tersebut dijelaskan pula berbagai permasalahan Konsulat Darwin selama ini terutama yang berkaitan dengan aspek kemaritiman. Pada tanggal 27 Juni 2015, kedua KRI dan MPA bertolak dari Darwin dengan dilepas oleh  COMNORCOM beserta jajarannya, Atal KBRI Canberra serta staf Konsulat RI di Darwin.

Sampai bertemu pada Latma Cassowary dan Ausindo Corpat tahun depan….Tetap Semangat !!!

04 Corpat Ausindo 2015
Kontributor Berita: Atase Angkatan Laut RI untuk Canberra – Kolonel Didik Kurniawan