Perayaan 10.000 Siswa DITCTweet

Pada hari Kamis, 6 Agustus 2015 merupakan hari yang bersejarah di Defence International Training Center (DITC). Betapa tidak, pada hari itu dilaksanakan wisuda kelulusan siswa 1/15 Methodology of English Language Teaching (MELT) – Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris, sekaligus perayaan siswa ke-10.000. Common Room yang merupakan pusat kegiatan siswa bersosialisasi, kegiatan wisuda serta presentasi disiapkan secara spesial untuk kegiatan tersebut.

Acara ini diselenggarakan secara sangat meriah.  Pejabat-pejabat penting diundang untuk menyaksikan kegiatan ini serta beberapa media turut hadir untuk meliput kegiatan. Diantara pejabat yang hadir adalah Asisten Menteri Pertahanan Australia Stuart Robert, Wakil Komandan Australian Defence College Brigadir Jenderal Peter Gates, Direktur Jenderal Asia Tenggara Divisi Kebijakan Internasional Brigadir Jenderal John Mackenzie, Pejabat Senior Pangkalan Udara Royal Australian Air Force Williams, Kepala Pusat Pendidikan Bahasa (Kapusdiklat) Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kementerian Pertahanan Laksamana Pertama Benny Rijanto, Komandan Sekolah Bahasa Kementerian Pertahanan Australia, serta para Defence Attache (Indonesia, Thailand, Timor Leste).

10,000th student graduates from Defence International Training Centre

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan Komandan DITC Letnan Kolonel Fiona Curtis untuk menyampaikan penghormatan kepada para undangan yang telah berkenan hadir dalam kegiatan yang sangat spesial ini.

Kemudian Asisten Menteri Stuart Robert yang mewakili Menteri Pertahanan Australia berkenan memberikan amanat dimana beliau menyampaikan rasa bangga karena DITC telah mendidik siswa yang mencapai jumlah lebih dari 10.000 orang dari lebih dari 50 negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Negara-negara Pasifik Barat Daya, Afrika, serta Amerika Selatan.

Pada kesempatan itu Stuart Robert menyampaikan apresiasinya atas dedikasi dan kerja keras Komandan DITC dan staf sehingga telah berkontribusi besar dalam menigkatkan kemampuan siswa, merekatkan hubungan kekeluargaan, dan yang lebih penting lagi adalah meningkatkan pemahaman lintas budaya dan rasa saling pengertian.

Beliau beberapa kali menekankan tentang rasa kekeluargaan yang dibangun oleh Staf DITC dan siswa baik yang sekarang sedang mengikuti tugas belajar maupun yang telah lulus serta kembali ke tanah air mereka.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian piagam penghargaan kepada Komandan DITC sebagai penghargaan atas dukungan DITC selama lebih dari 30 tahun terhadap hubungangan internasional pertahanan.

Selanjutnya beliau berkenan menganugerahkan plakat siswa ke-10.000 kepada Lettu Sus Ellys Fakriya Laili, siswa 1/15 MELT dari Indonesia sebelum kemudian Asisten Menteri Stuart Robert berkenan memberikan Sertifikat lulusan kepada mantan Siswa 1/15 MELT.

Di akhir rangkaian acara peringatan siswa DITC ke-10.000 tersebut, Bapak Asisten Menteri berkenan memotong kue bersama Lettu Ellys Fakriya, yang telah menjadi siswa yang paling beruntung dalam sejarah DITC saat itu.

Kontributor Berita: Seconded Officer DITC, Mayor Sumidi