Komandan Armada Australia Perkuat Hubungan dengan Sahabat TNI-ALTweet

01 COMAUSFLT 2016

INDONESIA - Laksda Stuart Mayer, Komandan Armada Australia (COMAUSFLT) melakukan kunjungan resmi ke Jakarta dan Surabaya selama tanggal 30 Maret hingga 2 April 2016. Selama kunjungannya, beliau di damping oleh Letda Alexander Rayner, Atase Laut Australia Kolonel Nick Hart serta Asisten Atase Laut Pelda Rob Pope.

Laksda Mayer memulai program kunjungannya ke Surabaya pada 31 Maret untuk bertemu dengan rekannya, Panglima Armada Timur Indonesia Laksda TNI Darwanto. Beliau mendapatkan paparang mengenai peran dan tanggung jawab dari Pangarmatim, menyaksikan pertunjukkan musik yang indah oleh Taruna Angkatan Laut Indonesia dan mengakhiri kunjungannya di Surabaya dengan berkunjung ke Museum Jalesveva Jayamahe yang terletak di Markas Armatim. Beliau mendapatkan pengalaman yang unik dengan mendaki patung yang terdapat dalam museum sehingga dapat menikmati panorama yang indah kota Surabaya. Selama kunjungan, kedua pati membahas kerja sama yang kuat antara kedua Angkatan Laut kita, manfaat dari kerja sama di masa depan guna meningkatkan hubungan bilateral yang baik dan memperkuat keamanan maritim regional.

 
01 COMAUSFLT 2016

Program tersebut juga melibatkan kunjungan ke Akademi Angkatan Laut dan pertemuan resmi dengan Mayjen TNI (Marinir) Guntur Irianto Cipto Lelono sebagai Gubernur AAL dimana Laksda Mayer mendapatkan paparan tentang AAL sebelum melakukan peninjauan fasilitas akademi dan bertemu dengan para taruna. Sebuah pertunjukan penuh warna dimeriahkan oleh Band Akademi Angkatan Laut termasuk pertunjukkan drum band yang sangat mengesankan.

 
02 COMAUSFLT 2016

Di Jakarta, Laksda Mayer mendapat kehormatan untuk bertemu dengan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Arie Henrycus Sembiring M, Asops Kasal Laksda TNI Arie Soedewo, Aspam Kasal Laksda TNI Agus Heryana yang dilakukan di Mabes Angkatan Laut Indonesia. Diskusi yang berlangsung bersifat mendalam dan luas, mencakup berbagai topik seperti tantangan illegal fishing di wilayah regional, masalah kedaulatan maritim dan kebutuhan untuk bekerja sama guna meningkatkan saling pengertian, kerjasama dan juga topik ringan seperti kegiatan olahraga bilateral.

 
04 COMAUSFLT 2016
COMAUSFLT juga mengunjungi Panglima Armada Barat Laksda TNI A. Taufiq R yang memberikan penjelasan mengenai fungsi dari Armada Barat Indonesia dan beberapa keberhasilan TNI-AL dalam menjaga keamanan maritim sejak beliau mendirikan Western Fleet Quick Response Unit. Unit tersebut telah memainkan peran inti dalam menanggapi isu-isu pembajakan dan mengurangi kejahatan di Laut Selat Malaka. Kunjungan hari itu ditutup dengan makan malam resmi bersama Pangamartim, Pangamarbar, beberapa pati dari Mabes Angkatan Laut Indonesia dan Atase Pertahanan Australia Laksma Bob Plath, dimana bersama Laksda Mayer mereka melanjutkan diskusi tentang kerjasama dan isu-isu keamanan maritim dalam suasana yang lebih santai.  
05 COMAUSFLT 2016

Kunjungan Laksda Mayer menegaskan pentingnya hubungan bilateral Angkatan Laut Australia dan Indonesia dan lebih lanjut menekankan pentingnya hubungan antar personil yang bertujuan untuk memungkinkan kedua Angkatan Laut kita agar dapat bekerja sama secara bersahabat, profesional dan kooperatif. Kunjungan oleh Pangarmbar dan Pangarmatim ke Darwin telah direncanakan untuk bulan September 2016 dalam rangka untuk menghadiri Regional Fleet Commanders Coference, yang diselenggarakan sebagi bagian dari Latgab Kakadu 2016 guna meningkatkan persahabatan antar personil.

 
06 COMAUSFLT 2016