Latma PEGASUS KOOKABURRA 2016 – Berbagi Pengalaman, Pengertian dan Keterampilan Terjun Payung Tweet

01 Latma Pegasus 2016

NOWRA – Pada tanggal 4 April 2016, Australian Army Parachute Training School (PTS) (Sekolah Para Angkatan Darat Australia) menyambut delegasi penerjun payung dari Kopassus di Lanal Albatross yang terletak di Nowra, New South Wales. Delegasi Kopassus tersebut datang ke Australia dalam rangka mengikuti Latma Pegasus Kookaburra 2016 yang dilaksanakan diantara Kopassus dan Australian Special Operations Command (SOCOMD) setiap tahun dengan tujuan membagi keterampilan dan prosedur Terjun Payung Bebas (Military Free Fall (MFF)).  

Selama satu minggu, banyak hal yang berkaitan dengan MFF dibahas secara dalam, termasuk perkiraan untuk pelepasan penerjun payung, High Altitude Parachute Operations (HAPO), pengangkutan perlengkapan serta prosedur-prosedur untuk mengidentifikasi dan memperbaiki payung yang tidak berfungsi dengan baik. Kegiatan harian terdiri dari pelajaran teori (pagi) dan pelajaran praktek (sore). 

 
02 Latma Pegasus 2016

Delegasi Kopassus dan staf di PTS mendapatkan kunjungan dari rombongan VIP yang dipimpin oleh Komandan SOCOMD, Mayjen Sengelman dan Wadanjen Kopassus, Brigjen TNI Matondang. Rombongan tersebut secara khusus mengunjungi PTS dengan tujuan meninjau pelaksanaan Latma Pegasus Kookaburra 2016 dan menemui para peserta. Dalam rangka mempertunjukkan keterampilan dan tingkat profesionalisme prajurit Kopassus dan SOCOMD, suatu kegiatan terjun payung (yang bersifat full mission profile) direncanakan untuk laksanakan sebagai latihan gabungan. Sayangnya, kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan karena cuaca yang tidak mendukung.       

03 Latma Pegasus 2016

Selama Latma Pegasus Kookaburra 2016 berlangsung, delegasi Kopassus berhasil melakukan terjun payung sebanyak lima kali dengan memakai dua jenis payung yang berbeda. Pelatihan diperdalam dengan suatu kunjungan ke fasilitas terowongan angin (wind tunnel) dimana staf Kopassus dapat berlatih selama dua jam. Para peserta baik dari Kopassus maupun SOCOMD mempertajam keterampilan terjun payung secara perorangan serta kemampuan terjun payung secara berkelompok. Latma Pegassus Kookaburra 2016 diakhiri dengan acara makan malam bersama serta saling tukar cinderamata.    

04 Latma Pegasus 2016

Latma Pegassus Kookaburra merupakan salah satu kegiatan diantara SOCOMD dan Kopassus. Staf di PTS sangat menghargai kegiatan tersebut oleh karena pengalaman, pengertian dan keterampilan terjun payung dapat diperdalam bersama-sama dan dipelajari secara persaudaraan.