Army to Army Staff Talks 2016 Setujui Kerjasama yang Kuat untuk Tahun DepanTweet

01 Army to Army Staff Talks 2016

BALI – Anggota TNI AD dan Angkatan Darat Australia (ADA) berkumpul di Nusa Dua, Bali pada tanggal 11 Agustus 2016 untuk melaksanakan pertemuan bilateral 2016 Army to Army Staff Talks (A2A ST).  Delegasi TNI-AD yang terdiri dari tujuh orang dipimpin untuk keempat kalinya oleh Inspektor Jenderal TNI-AD (Irjenad), Mayjen TNI Nugroho Widyotomo.  Sementara delegasi ADA yang juga terdiri dari tujuh orang diketuai sekali lagi oleh Deputy Chief of Army (DCA), Mayjen Rick Burr.

Menyusul kegiatan koordinasi dan rapat kerja pada tanggal 10 Agustus yang menghasilkan draft program bilateral Army untuk tahun 2017, pertemuan resmi A2A ST dimulai dengan kegiatan perkenalan dan serangkaian paparan dari kedua belah pihak. Kemudian A2A ST diteruskan secara teratur termasuk diskusi mengenai jadwal kegiatan bilateral untuk tahun 2017. Pembicaraan yang bernuansa terus-terang dan matang berlangsung kurang-lebih tujuh jam hingga semua bahan utama disetujui dan program kegiatan militer untuk tahun depan ditandatangani oleh kedua pemimpin delegasi.

02 Army to Army Staff Talks 2016

Pertemuan bilateral yang sangat penting itu disusuli dengan upacara makan malam resmi yang sangat dinikmati oleh semua tamu. Sebagai tuan rumah untuk 2016 A2A ST, seperti biasa TNI-AD tidak kalah menyediakan fasilitas dan makanan yang luar biasa. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko beserta Danrem 163/Wirasatya Kolonel I Nyoman Cantiasa menghadiri upacara tersebut sehingga suasana lebih akrab, ramai dan menyenangkan. Ruang upacara dipenuhi suara dan canda tawa ketika peserta dari kedua belah pihak berada diatas panggung untuk bernyanyi dan menari bersama-sama, ini sungguh-sungguh mencerminkan betapa eratnya hubungan militer Australia dan Indonesia kini. 

03 Army to Army Staff Talks 2016

Pada keesokan harinya, delegasi ADA menjalankan kunjungan kehormatan ke Mabes Kodam IX/Udayana yang terletak di Denpasar, Bali. Pada kesempatan itu, delegasi ADA disambut sekali lagi oleh Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko beserta staf kunci beliau. Pada kesempatan tersebut, Mayjen Burr menegaskan pentingnya hubungan yang kukuh diantara Kodam IX dan ADA oleh karena ada perbatasan maritim bersama diantaranya. 

04 Army to Army Staff Talks 2016

Kunjungan delegasi Australia ke Bali diakhiri dengan acara makan siang yang santai dan kunjungan ke Pura Uluwatu yang terletak di tebing barat daya pulau Bali. Dapat disimpulkan bahwa delegasi ADA sangat menikmati kunjungannya ke Bali dan bersama mitra-mitra mereka di jajaran TNI AD, mampu menentukan dan menyetujui program bilateral tahun depan dengan sangat lancar dan sukses.