2016 JOCIT-A – Perkembangan Keterampilan Perorangan dan Berkelompok di QueenslandTweet

01 JOCIT Australia Indonesia
QUEENSLAND UTARA Junior Officer Combat Instructor Training – Australia 2016 (JOCIT-A) dilaksanakan dengan sangat lancar dan sukses pada tanggal 21 Agustus – 2 September 2016 di Daerah Latihan Tully (Tully Training Area (TTA)) dan Daerah Latihan Lapangan Townsville (Townsville Field Training Area)). Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, JOCIT-A dilaksanakan oleh staf dari Combat Training Centre – Jungle Training Wing (CTC-JTW) yang berpangkalan di Tully, Queensland Utara, melibatkan 35 perwira dan bintara dari jajaran TNI-AD.
Ke-35 peserta TNI-AD tersebut merupakan peserta pilihan dari lulusan JOCIT-I 2016 yang dilaksanakan di Cipatat, Indonesia pada bulan Maret lalu. Mereka ditemani oleh empat instruktur dari TNI-AD yang tidak kalah penting mendukung kawan-kawan CTC-JTW dalam memberikan pelatihan tersebut.  Tujuan utama JOCIT-A adalah mendorong perkembangan keterampilan dan kemampuan yang telah diberikan selama JOCIT-I serta memperkenalkan keterampilan kepemimpinan yang baru. Pelatihan dimulai dengan perkembangan keterampilan perorangan (individual skills development). Para peserta diajarkan bagaimana memakai senjata standard ADF (F88 Austeyr) sebelum berlatih di lapangan tembak. Pelatihan Penambakan Jarak Dekat (Close Quarter Shooting Techniques (CQST)) kemudian dilaksanakan.
02 JOCIT Australia 2016

Tahap pelatihan berikutnya merupakan pengembangan keterampilan berkelompok dan kepemimpinan. Pada tahap tersebut, para peserta melanjutkan pelatihan di lingkungan perkotaan (urban environment), yang digabungkan dengan pelajaran teori terhadap pergerakan perkotaan (urban manoeuvre). Setelah tahap perencanaan operasi dan penulisan perintah, para peserta melaksanakan serangan terencana di TTA maupun di Line Creek Junction (TFTA). Seperti biasa, kegiatan puncak JOCIT-A adalah ‘Exercise True Grit’, suatu pertandingan bertingkat regu yang dirancang khusus untuk menguji kepemimpanan dan kekuatan jasmani.

03 JOCIT Australia 2016

Menyusul kunjungan beliau ke Indonesia untuk meninjau pelaksanaan 2016 JOCIT-I, Commander 1st Division, Mayjen Paul McLachlan mengambil kesempatan untuk menyaksikan pelatihan serangan terakhir di Line Creek Junction. Komandan CTC, Kolonel Damian Hill sangat senang menonton semua regu mengikuti Exercise True Grit, dan mendapatkan kehormatan untuk menyematkan pin JOCIT-A kepada para peserta serta memberikan sertifikat kelulusan. Kedua komandan sangat terkesan dengan usaha-usaha yang ditampilkan dari semua peserta selama pelatihan tersebut. 

JOCIT secara terus-menerus merupakan latihan bersama yang dianggap berhasil, bukan saja dari sudut perkembangan kemampuan untuk Angkatan Darat Australia dan TNI-AD, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat hubungan pribadi dan professionalisme antara Australia dan Indonesia.

 

Mari kita mengucapkan selamat kepada LETTU Muhammad Choriq Bayhaqi yang telah meraih predikat ‘Trainee of Merit’ atas kinerja beliau pada pelatihan JOCIT-A 2016!