Kunjungan Aspam KASAD ke Australia Berdiskusi Tentang Intelijen & TerorismeTweet

AUSTRALIA – Aspam Kasad, MAYJEN TNI Rudy Yulius Huliselan melaksanakan kunjungan kerja ke Australia pada tanggal 16 – 17 November 2016. Selama kunjungan tersebut, Aspam Kasad bertemu dengan Kepala Angkatan Darat Australia, Letjen Angus Campbell DSC, AM, Director Defence Intelligence Organisation (DIO), Marsdya John McGarry AM, CSC serta perwakilan dari kesatuan intelijen Angkatan Darat Australia (ADA).
Pada hari pertama, Aspam Kasad disambut dengan hangat dan ramah oleh Letjen Campbell di Mabes ADA yang terletak di Russell Offices, Canberra. Letjen Campbell, yang baru mengunjungi Indonesia pada bulan Oktober lalu, berbicara dengan Aspam Kasad tentang pelatihan dan hubungan intelijen yang sudah lama terjalin diantara TNI-AD dan ADA. Dibahas juga dalam pertemuan tersebut adalah ‘Army Interaction Games’ (kegiatan interaksi Pati TNI-AD dan ADA) yang akan dilaksanakan di Australia pada akhir tahun 2017. Setelah bertemu dengan Letjen Campbell, Aspam Kasad kemudian menerima penjelasan singkat (brifing) dari Letkol Andrew Williams tentang kemampuan dan kapabilitias intelijen, pengintaian, pengawasan dan perang elektronika AD Australia. Brifing tersebut termasuk informasi tentang bagaimana AD Australia memakai anggota dan peralatannya untuk melaksanakan fungsi intelijen, pengawasan, pengintaian dan perang elektorik (Intelligence, Surveillance, Reconnaissance and Electronic Warfare (ISREW)).  
Delegasi Aspam Kasad lalu melajutkan program kunjungannya ke DIO untuk melaksanakan pertemuan kehormatan (courtesy call) dengan Marsdya John McGarry. Pada kesempatan tersebut, Aspam Kasad mendapatkan brifing berkaitan dengan peran dan fungsi DIO, serta ancaman dari para teroris (ISIS, ISIL) di Irak dan Suriayah yang akan pulang ke negara masing-masing di masa mendatang. Hari pertama di Canberra diakhiri dengan acara makan malam bersama dengan staf intelijen senior dari ADA, DIO dan Headquarters Joint Operations Command. Acara tersebut sangat dinikmati oleh semua peserta.            Pada program kunjungan hari kedua, MAYJEN Huliselan mengunjungi Defence Force School of Intelligence (DFSI) yang terletak di Pangkalan Kokoda di Canungra, Queensland Selatan. Beliau disambut oleh Executive Officer DFSI dan diundang makan siang bersama di ‘ruang hijau’ (ruang makan yang dikhususkan untuk perwira yang bercabangan intelijen). Delegasi Aspam Kasad kemudian mendapatkan brifing yang menjelaskan misi, peran dan kursus-kursus intelijen yang diselanggarakan di DFSI. Kunjungan beliau ke Canungra diakhiri dengan mengelilingi fasilitas pelatihan DFSI.   Aspam Kasad sangat menikmati kunjungan kerja ke Australia dan kesempatan untuk bertemu dengan Letjen Campbell, serta para perwira tinggi intelijen di Canberra dan Canungra. Dalam rangka mempererat dan memperluas hubungan intelijen diantara TNI-AD dan ADA, kunjungan sejenis ini patut dilaksanakan di masa depan!