Module "Indonesian Week" - Defence Strategic Studies CourseTweet

01 CDSS Indonesian Week 2017
CANBERRA -  Defence Strategic Studies Course (DSSC) adalah salah satu kursus bagi Perwira Senior di Australian Defence Force (ADF) dan Australian Public Service (APS) serta perwakilan senior level baik Militer maupun Sipil dari Negara Sahabat. Salah satu module yang dilaksanakan adalah pengenalan tentang Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 Juni 2017 dengan module coordinator Kolonel Laut (P) Judijanto, Directing Staff CDSS.
Pada awal module ini, Principal DSSC Brigadier (Retd) Ian Errington menyampaikan bahwa Indonesian Week merupakan modul yang sangat penting karena selama seminggu diharapkan seluruh siswa mengerti lebih mendalam tentang Indonesia yang mempunyai posisi strategis di kawasan dengan focus materi pada peningkatan hubungan kerjasama Australia – Indonesia, meski hubungan kedua negara cukup dinamis namun keduanya juga mempunya tantangan strategik yang sama di kawasan. 
02 CDSS Indonesian Week 2017
Disamping presentasi dan diskusi oleh beberapa dosen, dilaksanakan pula Video Conference (VidCon)  bersama DR. Chatib Basri, mantan menteri keuangan RI dengan judul “Indonesia’s Economic Present and Future”, serta dengan  Evan A. Laksamana, dari the Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dengan tajuk ”Civil Military Relations in Indonesia”. 
03 CDSS Indonesian Week 2017
Selama Indonesian Week ini, hadir pula pengajar dan staf Lemhanas, yakni Laksda TNI Agung Pramono, Mayjen TNI (Purn) Albert Inkiriwang serta Kol Lek Rujito. Beliau semua hadir dalam ruang sindikat untuk memberikan masukan dan pemahaman kepada siswa terkait materi yang berkaitan dengan Indonesia. Laksda TNI Agung Pramono juga memberikan presentasi dengan topik “National Security Issues”.
04 CDSS Indonesian Week 2017
Presentasi terakhir dilaksanakan secara bersama oleh pasis Indonesia di DSSC yaitu Kol Kav Taufik Budi Santoso, Kol Laut (P) Didik Kurniawan, dan Kol Pnb Benny Koessetianto tentang “Indonesia Military Power” sesuai dengan materi yang diberikan oleh Lembaga.  Rencana pada akhir Juli 2017, sebagian pasis Australia akan melaksanakan Field Application and Research Visit (FARV), semoga mereka mendapatkan pengetahuan lebih mendalam tentang Indonesia selama kunjungan nanti.
05 CDSS Indonesian Week 2017
Kontributor : Kolonel Laut (P) Didik KURNIAWAN Siswa DSSC