Army to Army Staff Talks 2017 - Setujui Program Kerjasama yang Kokoh untuk Tahun DepanTweet

01 Army Staff Talks 2017
CANBERRA - Anggota TNI-AD dan Angkatan Darat Australia (ADA) berkumpul di Canberra, Australia pada tanggal 8-9 Agustus 2017 untuk melaksanakan rapat bilateral 2017 Army to Army Staff Talks (A2A ST).  Delegasi TNI-AD yang terdiri dari enam perwira dipimpin untuk pertama kalinya oleh Asops Kasad, Mayjen TNI Sudirman.  Sementara delegasi  ADA yang terdiri dari tujuh perwira diketuai sekali lagi oleh Deputy Chief of Army (DCA), Mayjen Rick Burr.
Pada hari pertama, pertemuan resmi A2A ST dimulai dengan kegiatan perkenalan dan serangkaian paparan dari kedua belah pihak, lalu berlanjut dengan kegiatan koordinasi dan rapat kerja yang menghasilkan draft program bilateral Angkatan Darat untuk tahun 2018. Pada siang sampai sore dilaksanakan program widyawisata untuk VIP termasuk diantaranya kunjungan ke Australian War Memorial (AWM).
Army Staff Talks 2017
Hari pertama diakhiri dengan upacara makan malam resmi yang memberikan kesempatan untuk semua anggota delegasi agar dapat saling membagi pengalaman dan cerita di tengah suasana yang hangat dan ramah. Pada saat upacara tersebut delegasi TNI-AD sempat mencoba makanan khas Australia yang sangat dinikmati oleh semua tamu. Pada hari kedua di Canberra, Asops Kasad melaksanakan pertemuan kehormatan dengan DCA dan DGLAND, BRIG Freeman. Sementara itu, tim kerja dari masing-masing pihak membahas draft program kegiatan militer untuk tahun depan secara detail sehingga jadwal kegiatan disetujui yang ditandatangani oleh kedua pemimpin delegasi. Asops Kasad meninggalkan Ibu Kota Australia pada malam itu dan kembali ke Jakarta bersama salah satu anggota staf beliau. Pada keesokan harinya, delegasi TNI-AD menjalankan kunjungan ke Australian Army 1st Combat Brigade yang terletak di Pangkalan Robertson, Darwin. Pada kesempatan itu, delegasi TNI-AD disambut dengan hangat oleh LTCOL James Ryan. Tujuan utama dari kunjungan tersebut adalah memahami tentang tugas dan peran 1st Combat Brigade serta fungsi Marine Rotational Force – Darwin (MRF-D). Kunjungan delegasi Indonesia ke Darwin diakhiri dengan acara makan malam yang santai dan dilengkapi dengan widyawisata guna memahami tentang budaya dan gaya hidup pribumi Australia. Dapat disimpulkan bahwa delegasi TNI-AD sangat menikmati kunjungannya ke Canberra dan Darwin bersama mitra-mitra mereka di jajaran ADA. Dengan pelaksanaan A2A ST yang sangat sukses mari kita menantikan program bilateral tahun depan yang lancar dan saling memberikan manfaat untuk kedua negara kita.