Upacara Hut Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 di KBRI CanberraTweet

 
01 Hut Proklamasi 2017
CANBERRA - Ditengah dinginnya musim Winter saat ini di Australia, seluruh personel TNI yang bertugas di Canberra (Staf KBRI dan SPC-A) dan yang sedang melaksanakan pendidikan di Canberra (DSSC, ACSC, CTMC dan ANU) melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Kedutaan Besar Republik Indonesia bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia dan juga warga Australia.
Brigjen TNI Mar Widad Prasojo Aji sebagai Atase Pertahanan RI beserta team selama dua bulan penuh melatih 20 orang personel Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas mengibarkan Sang Merah Putih. Athan juga menekankan kepada seluruh personel TNI yang sedang melaksanakan tugas belajar diseluruh wilayah Australia agar melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan tahun ini di Konsulat RI yang berada di Sydney, Melbourne, Perth dan Darwin. 
02 Hut Proklamasi 2017
Upacara Hari Kemerdekaan yang dilaksanakan pada 17 Agustus 2017 dipimpin oleh Dubes RI Bapak Kristiarto Legowo serta sebagai Komandan Upacara, Mayor Inf Abraham Panjaitan yang saat ini sedang tugas belajar program S-2 Strategic Study di ANU. Derap langkah Paskibra terlihat tegap dan seragam serta mampu melaksanakan manouvra barisan yang sulit namun terlihat rapi. Upacara pengibaran bendera berjalan lancar sertan gemuruh lagu kebangsaan “Indonesia Raya” menggelegar di lapangan upacara.  
03 Hut Proklamasi 2017
Pada acara tambahan dilaksanakan Pidato dari pemenang lomba berbahasa Indonesia serta Ausbade lagu-lagu perjuangan yang dilaksanakan oleh putra-putri warga Indonesia termasuk siswa TNI di Canberra. Hadir dalam Upacara tersebut, perwakilan dari instansi-instansi di Canberra counterpart dari KBRI, termasuk Kolonel Justin Roocke, mantan Atase Darat Australia yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di DSSC. Rencananya berlanjut akan mengikuti Lemhannas di Indonesia dan menjabat sebagai Atase Pertahanan Australia di Jakarta.  
04 Hut Proklamasi 2017
Disela-sela acara pemotongan tumpeng dan ramah tamah, Bapak Dubes mengungkapkan bahwa beliau sangat terharu dan bangga melihat penampilan Paskibra yang sangat sukses melaksanakan tugasnya, Lagu Kebangsaan Indonesia berkumandang serta penghormatan kepada Sang Merah Putih benar-benar membangkitkan jiwa dan semangat kepahlawanan. Selain warga Indonesia di Canberra, kemeriahan upacara ini juga didukung  dengan antusias dan hadirnya para Undangan seperti warga Asosiasi Indonesia – Australia,  serta kelompok siswa terbaik dari wilayah Victoria yang memenangkan lomba dan mampu berbahasa Indonesia.  
Kontributor: Kol Laut (P) Didik Kurniawan Pasis DSSC