2017 JOCIT-I: Mekanisme Terbukti untuk Penukaran Keterampilan Militer serta Memperkuat Hubungan Individu Tweet

01 JOCIT Indonesia
CIPATAT – 2017 Junior Officer Combat Instructor Training – Indonesia (JOCIT-I) telah dilaksanakan dengan sukses dan rasa penuh semangat di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif), Cipatat pada tanggal 10 – 21 Juli yang lalu. JOCIT-I yang bertujuan meningkatkan hubungan bilateral Angkatan Darat Australia/TNI-AD melalui perkembangan dan pembinaan profesional perwira muda dan bintara, berfokus pada operasi di lingkungan pemukiman atau Urban Operations (UO).
Tahun ini, JOCIT-I memberikan kesempatan yang luar biasa kepada 96 prajurit infanteri TNI-AD (pangkat serda hingga kapten) untuk melaksanakan latihan pertempuran di dearah pemukiman Cipatat, Bandung. Usai penyelenggaran latihan, dari 96 peserta tersebut, akan terpilih 35 peserta (dipilih dari semua Kodam dan Kotama) untuk melanjutkan pelatihannya di Australia yang direncanakan untuk diselenggarakan dalam tahun ini di JOCIT-Australia.
02 JOCIT Indonesia
JOCIT-I didukung oleh 19 pelatih dan staf pendukung Angkatan Darat Australia dari Combat Training Centre (CTC) – Jungle Training Wing (JTW). Kombinasi antara staf CTC-JTW dengan para pelatih TNI-AD di Pusdikif menghasilkan jadwal kegiatan yang padat dan latihan militer yang produktif selama dua minggu.
03 JOCIT Indonesia
Jadwal kegiatan tahun ini termasuk sebuah kunjungan resmi dari Australian Army Head of Land Capability (HLC), Mayjen Kathryn Toohey, AM, CSC, ke Pusdikif dalam rangka meninjau JOCIT-I serta bertemu dengan semua peserta. Di samping Danpussenif, Mayjen TNI Surawahadi, HLC turut menyaksikan Latihan True Grit serta mendapatkan kehormatan untuk memasang brevet JOCIT-I pada seragam seluruh peserta dari TNI-AD saat upacara penutupan.
04 JOCIT Indonesia
Selain keterampilan operasi di daerah pemukiman pada pelatihan JOCIT-I, latihan ini juga merupakan kesempatan bagi anggota TNI-AD dan Angkatan Darat Australia untuk menjalin persahabatan, bercengkerama dan saling belajar dari pihak masing-masing sehingga tercipta hubungan bilateral di antara kedua negara yang semakin erat. Selain itu, terbentuknya saling pemahaman tentang teknik, taktik dan prosedur tetap (protap) pelaksanaan pertempuran di daerah pemukiman yang digunakan kedua angkatan darat yang diharapkan dapat membantu di masa depan jika terjalin kerjasama di antara Indonesia dan Australia sebagai koalisi melawan ancaman atau musuh bersama.
05 JOCIT Indonesia