Kunker Pangdivif-I/Kostrad ke Australia – Peninjauan latihan puncak Brigade Tempur ke-7 memberikan kesempatan untuk melihat alutsista baru AD Australia Tweet

 
01 Kasahli Kasad
AUSTRALIA – Panglima Divisi Satu Kostrad (Pangdivif-I/Kostrad), Mayjen TNI Ainur Rahman melaksanakan kunjungan kerja ke Australia pada tanggal 19-22 Oktober lalu. Tujuan utama kunker tersebut ialah meninjau pelaksanaan latihan puncak Brigade Tempur ke-7 (7 Bde) yang dilaksanakan di tempat latihan terpencil dan terbesar di Australia, yaitu Shoalwater Bay Training Area (SWBTA).   
Saat tiba di SWBTA, Pangdivif-I/Kostrad disambut dengan baik oleh COMD 7 Bde, Brigjen Tony Rawlins selaku tuan rumah kunker tersebut. Usai sesi perkenalkan diri dan menerima paparan skenario latihan puncak, Mayjen Ainur Rahman melaksanakan peninjauan sistem simulasi yang digunakan satuan unik AD Australia, yaitu Combat Training Centre (CTC). CTC itu di BKO sementara oleh Brigade Tempur ke-7 dalam rangka menguji segi taktik, teknik dan prosedur Batalyon Infantry 8/9RAR. Saat dilakukan pengujian, Batalyon Infantry menggunakan alat sensor dan laser dimana alat tersebut akan mengirimkan informasi langsung kepada operator dan wasit untuk merekam dan mengevaluasi hasil latihan anggota Yonif 8/9RAR. Hasil dari ujian CTC akan dilaporkan secara langsung kepada Komandan Brigade, dan latihan lanjutan dapat dilaksanakan guna mengatasi segala persoalan yang ditemukan dalam ujian CTC. 
02 Kasahli Kasad
AD Australia bangga memfasilitasi kunjungan Pangdivif-I/Kostrad menggunakan heli terbaru MRH-90 menuju lokasi latihan kavelri.  Mayjen Ainur Rahman disambut oleh komandan latihan manuver “live firing” dan menyaksikan bersama latihan yang menggunakan peluru tajam dari kendaraan komandan kavelri. Pangdivif-I/Kostrad sangat terkesan manuver yang dilakukan saat latihan tersebut karena mengingatkan beliau pada pengalamannya saat menjabat sebagai Komandan Brigade. 
03 Kasahli Kasad
Kunjungan dilanjutkan dengan kegiatan widya wisata di Sydney termasuk mengunjungi Sydney Harbour Bridge, Opera House dan “The Rocks”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk dapat memberikan pengalaman budaya dan sejarah Australia.  Mayjen Ainur Rahman menghargai kesempatan untuk mengunjungi Australia dalam rangka meninjau latihan puncak Brigade Tempur ke-7 dan bertemu dengan COMD 7 Bde. Kunker tersebut memberikan pemahaman lebih dalam tentang  penggunaan sistem simulasi Australia dimana sistem tersebut diharapkan dapat diterapkan di Kostrad. Kami berharap Pangdivif-I/Kostrad dapat melakukan kunjungan kembali ke Australia tahun depan dalam rangka menyaksikan tim petembak TNI-AD saat ajang kompetisi yang bergengsi, AASAM. 
04 Kasahli Kasad