Serah Terima Jabatan Atase Pertahanan RI di KBRI Canberra

  CANBERRA - Pada tanggal 27 Oktober 2017 telah dilaksanakan serah terima jabatan Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk Australia dari Brigjen TNI (Mar) Widad Prasojo Aji kepada Laksma TNI R. Teguh Isgunanto.  Acara yang dipimpin oleh Duta Besar RI Bapak Kristiarto Legowo tersebut berlangsung dengan khidmat di ruangan Cut Nyak Dien, KBRI Canberra.  Pada malam hari dilaksanakan pula acara ‘Pisah Sambut’ di gedung Kartini bersama dengan seluruh staf KBRI, para Perwira TNI dan keluarganya serta seluruh masyarakat Indonesia di Canberra. 
Selanjutnya pada tanggal 28 Oktober 2017, Brigjen TNI (Mar) Widad Prasojo Aji beserta keluarga kembali ke Jakarta. Selama kurang lebih dua tahun beliau menjabat sebagai Atase Pertahanan RI di Australia, hubungan kerjasama, pendidikan, latihan bersama maupun kunjungan antar kedua Angkatan Bersenjata semakin meningkat.   
Brigjen TNI (Mar) Widad Aji adalah alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) 1986 serta alumni Defence Strategic Studies Course (DSSC) tahun 2012 di Australian Defence College (ADC).  Dalam lingkup diplomatik pernah menjabat sebagai Asisten Athan di USA dan Atase Pertahanan di Jerman.  Hubungan yang akrab dengan Atase Pertahanan Australia di Jakarta semasa beliau bertugas, yaitu Commodore Robert ‘Bob’ Plath terbina sangat erat sehingga semua program kegiatan yang direncanakan kedua belah pihak dapat terlaksana dengan baik dan lancar.  Apresiasi yang tinggi dari pemerintah Australia kepada beliau disampaikan oleh Air Chief Marshal Mark Binskin, Chief of Australian Defence Force pada saat kenal pamit di Mabes ADF.  
Sedangkan Laksma TNI R. Teguh Isgunanto adalah alumni AAL tahun 1988. Beliau mengenyam banyak penugasan baik di Staf maupun Operasional. Jabatan komando yang pernah diemban Laksma Teguh adalah sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Bengkulu serta Komandan KRI Karel Satsuit Tubun – 356. Selanjutnya dalam lingkup diplomatik beliau pernah berdinas sebagai Atase Pertahanan RI di Kairo, Mesir dari tahun 2009 hingga 2012. Network dan hubungan people to people link juga  tetap terbina karena beliau juga alumni DSSC tahun 2014.  
Selamat bertugas di tempat yang baru untuk Brigjen TNI (Mar) Widad AjiSelamat bertugas sebagai Atase Pertahanan RI di KBRI Australia untuk Laksma TNI R. Teguh Isgunanto. 

Kontributor:
Kol Laut (P) Didik Kurniawan
Pasis DSSC

Leave a Reply

*