Kartikaburra 2017 – Pentingnya Pertukaran Pengalaman dan Pengetahuan diantara Pemimpin Muda TNI-AD dan Angkatan Darat Australia Tweet

DARWIN - Pada tahun ini hubungan antara TNI-AD dan Angkatan Darat Australia diperkokoh dengan terlaksanakannya program Kartikaburra 2017 (pertukaran pemimpin muda) baik di Australia (1 Brigade) dan Indonesia (Divisi I - Kostrad).
Tahap pertama program Kartikaburra 2017 dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober – 2 November di 1 Brigade yang berbasis di Pangkalan Robertson, Darwin. Dua belas anggota Divisi I – Kostrad mengunjungi Australia untuk mengikuti kegiatan bilateral Angkatan Darat yang sangat penting ini. Pada kesempatan tersebut, perwakilan TNI-AD disambut oleh Kepala Staf 1 Brigade dan dilanjutkan dengan program kegiatan disamping anggota dari Yonif 5 Royal Australian Regiment (5 RAR) selama tiga hari.
Di sela-sela kegiatan tersebut, anggota TNI-AD sempat mengikuti olahraga (termasuk menjalani lapangan rintangan) dengan pasukan dari 5 RAR. Kegiatan lain termasuk brifing dan demonstrasi kemampuan persenjataaan dan kendaraan taktis, yaitu Bushmaster Protected Mobility Vehicle (PMV). Kegiatan diakhir dengan anggota TNI-AD berlatih dengan pasukan 5 RAR menggunakan senjata ‘airsoft’ untuk simulasi ‘force-on-force’ latihan pertempuran.
Kontingen TNI-AD kemudian mengikuti kegiatan di Yonzipur 1 Combat Engineer Regiment (1 CER). Di sana mereka dilatih dan menggunakan cara Angkatan Darat Australia untuk mencari dan mengamankan ranjau dan bom rakitan, termasuk penggunaan anjing pelacak untuk mencari bahan peledak. Mereka juga menjalani proses dekontaminasi dengan pasukan zeni termasuk proses membersihkan diri dalam fasilitas khusus. Untunglah cuaca di Darwin panas sekali! 
Yang terakhir, Yonarmed 8/12 melaksanakan kegiatan penyambutan kontingen TNI-AD. Anggota TNI-AD mengikuti latihan dan pengenalan meriam 155mm howitzer dengan anggota 8/12 pada saat olahraga. Mereka juga mempraktekan koordinasi artileri melalui simulasi di Flat Screen Trainer (FST) - sistem simulasi yang terbaru Angkatan Darat Australia.
Kasahli KASAD, Mayjen TNI Felix Hutabarat yang sedang berkunjung di Darwin pada saat yang sama mengambil kesempatan emas untuk meninjau kegiatan tersebut. Beliau sangat terkesan saat menyaksikan pasukan TNI-AD dan Angkatan Darat Australia bekerjasama untuk memakai sistem simulasi denguan tujuan mengkoordinasi pelayanan tembakan artileri medan. Tahap kedua program Kartikaburra 2017 ditandai dengan pemberangkatan delegasi Angkatan Darat Australia ke Divisi I – Kostrad di Cilodong. Delegasi Australia terdiri dari perwira, bintara dan tamtama dari satuan infanteri, artileri, zeni dan logistic. Pada minggu pertama delegasi Australia belajar di Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer Umum (Pusdikpengmilum). Pada kesempatan tersebut, anggota Angkatan Darat Australia bertemu dan berinteraksi dengan siswa-siswa TNI-AD yang sedang menjalani kursus bahasa Inggris. Serta terdapat kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata di Bandung seperti Museum Africa-Asia.   Delegasi Australia kemudian berpindah ke Markas Divisi 1 - Kostrad di Cilodong. Pada saat acara pembukaan, Asintel Kasdiv I - Kostrad, Kolonel Agus Bhakti menyambut delegasi Australia dengan hangat dan ramah. Sesudah itu delegasi Australia berkunjung ke Yonif Para Raider 328 dan menonton latihan membalik perahu kecil di danau lalu ikut serta kegiatan bela diri Yongmoodo. Pada keesokan harinya mereka menjalani serangkaian kegiatan termasuk kunjungan ke satuan kavaleri dan artileri pertahanan udara dimana mereka menyimak demonstrasi kemampuan masing-masing seperti Tank Leopard II dan sistem rudal TNI-AD yang baru. Yang terakhir, delegasi Australia berkunjung ke Brigade 17 Para Raider untuk belajar tentang latihan tanah (ground training), bagaimana cara untuk melipat parasut serta menyaksikan demonstrasi gultor dan panjat tebing dari pasukan Raider.   Selain kunjungan ke satuan tersebut, tuan rumah delegasi Australia mengajak mereka untuk melakukan widya wisata termasuk ke Taman Mini, Museum PETA, Kebun Raya Bogor dan Taman Safari.   Seluruh anggota delegasi Australia menikmati pengalaman dan kesempatan untuk berinteraksi dengan TNI-AD di lingkungan dan suasana yang ramah dan penuh rasa persahabatan.