Penutupan Pendidikan Defence Strategic Studies Course Tahun Ajaran 2017

CANBERRA -  Pada tanggal 4 December 2017, bertempat di Kampus Australian Defence College (ADC), Weston Creek dilaksanakan Upacara penutupan pendidikan siswa Defence Strategic Studies Course (DSSC) yang dihadiri oleh Chief of Australian Defence Force, Marsekal Mark Binskin.
Pada tahun ajaran 2017 ini siswa DSSC sebanyak 48 orang, yang terdiri dari 32 orang siswa Australia yang berasal dari berbagai institusi, seperti militer, public service dan kepolisian serta 21 orang Pasis manca negara yang berasal dari 16 negara, yaitu Amerika Serikat, Canada, China, India, Indonesia, Inggris, Malaysia, New Zealand, Philippina, Papua New Guenia, Singapura, Thailand, Uni Arab Emirat, Vietnam, Timor Leste dan Tonga.  Tiga Perwira TNI yang selesai mengikuti program ini adalah:  Kolonel (Kav) Taufik Budi Santoso, Kolonel Laut (P) Didik Kurniawan, dan Kolonel Udara (Pnb) B. Benny Koessetianto.
DSSC merupakan pendidikan setingkat Lemhannas yang diselenggarakan oleh Centre for Defence and Strategic Studies (CDSS) di ADC. CDSS menyelenggarakan program-program yang berkaitan dengan kebijakan strategis pertahanan dan perencanaan, kepemimpinan dan manajemen, dan isu-isu penting keamanan global, regional dan nasional.  Disamping itu, CDSS bertanggung jawab untuk menyiapkan para peserta pendidikan baik dari Australia maupun siswa manca negara dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja pada level strategis yang kompleks dan modern.

 

Dalam amanatnya, Marsekal Binskin menekankan bahwa selain dari sisi Akademik dimana materi perkuliahannya ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan pada tataran strategis; juga terdapat value yang lebih penting yang didapat, yaitu terciptanya Networking serta People to people contact antar siswa di masa yang akan, baik pada tataran hubungan bilateral maupun multilateral.

 

Kontributor :
Kolonel Laut (P) Didik KURNIAWAN
Siswa DSSC

Leave a Reply

*