Upacara Pembukaan Seskoad 2018Tweet

BANDUNG - Pada 17 Januari 2018, pendidikan reguler Sekolah Komando dan Staf (SESKOAD) ke56 telah dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Staff Angkatan Darat (WAKASAD) Letjen TNI Tatang Sulaiman di Gedung Profesor Satrio. Pada saat pembukaan, WAKASAD memberikan sambutan kepada seluruh perwira siswa serta seluruh tamu yang hadir, di antaranya pejabat tinggi angkatan darat dan Perwakilan Atase Angkatan Darat dari semua negara yang memiliki pasis di SESKOAD, termasuk Atase Angkatan Darat Australia Kolonel Matthew Campbell.
Letjen Sulaiman mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah terpilih untuk menempuh pendidikan dari organisasi prestisius ini yang memiliki motto yang membanggakan yaitu "Terbaik, Terhormat dan Disegani".  Letjen Sulaiman mengharapkan kepada 281 siswa untuk berusaha menjadi agen perubahan atau agent of change dalam dunia yang kompleks dan terus berkembang. Beliau menekankan pentingnya implementasi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keadilan untuk memimpin Angkatan Darat dalam rangka melindungi Bangsa Indonesia yang sangat kita banggakan dengan menikmati kompleksitasnya dan menghindari jalan-jalan yang mudah.
Letjen Sulaiman memberikan penghormatan dan rasa terima kasih kepada perwakilan pasis negara sahabat khususnya yang mengikuti pendidikan di lembaga yang terhormat ini. Dalam menghadapi globalisasi, beliau mengakui perlunya kerjasama yang lebih erat antar negara dan mengharapkan agar jalinan komunikasi yang telah dirintis selama kursus akan berperan dalam mencari solusi untuk tantangan di masa depan. Pada akhir upacara pendidikan reguler SESKOAD ke-56, pasis menampilkan yel-yel dengan motto "sinergi" yang merupakan motto kebanggaan mereka yang memberikan harapan kepada seluruh pasis untuk "perjuangan" di masa depan.  Sebagai pertanda kuatnya hubungan kedua negara,  satu-satunya instruktur asing, Letkol Dave Gandy dan pasis Australia, Mayor Laurence Potter, menghadiri upacara ini dan mereka berdua fokus dan siap untuk bekerjasama dalam suka dan duka guna menghadapi tantangan ke depan.
 

SESKOAD Opening Ceremony 2018

On the 17th January 2018, the 56th class of the Indonesia Command and Staff College was officially opened at the Professor Satrio Ceremonial Hall at SESKOAD, Bandung.  The guest of honour, Deputy Chief of the Army Lieutenant  General (LTGEN) Tatang Sulaiman delivered a heart-felt speech to the body of assembled students, numerous dignitaries and the Army Attachés from all the representing countries, including the Australian Army Attaché Colonel Matthew Campbell. LTGEN Sulaiman congratulated the students for the efforts in being selected to attend this prestigious organization that bears proudly the slogan “ The best, the most honourable and the most respected”.   LTGEN Sulaiman implored the 281 students to strive to be an agent of change in a complex and continually evolving world.  He emphasized the importance of embracing the values of honesty, truth, justice in order to lead a Defence Force that vows to protect a proud Indonesian Nation who revile in the complexity and avoid the easy path.   LTGEN Sulaiman paid his respects to the assembled representatives of the foreign students and in particular thanked them for acknowledging the prestigious nature of this institution.  In the face of globalization, he recognized the need of greater cooperation between nations and hoped that the networks established during the course would be instrumental in seeking solutions to the challenges ahead.  In a fitting end to the ceremony, the 56th class adopted the slogan “synergy” which gives hope for the “struggle” ahead. As a sign of the strong relationship between the two countries, aside from Colonel Campbell, Australian had two representatives present at the ceremony. SESKOAD’s sole foreign instructor Lieutenant Colonel Dave Gandy and Student, Major Laurence Potter attended the ceremony and are both focused and ready to embrace the challenges ahead.